Sukses

Terungkap, Ini Alasan Steve Jobs Rilis iPad

Liputan6.com, Jakarta - iPad tak dimungkiri telah menjadi salah satu produk andalan Apple beberapa tahun terakhir. Tablet tersebut telah menjelma menjadi perangkat yang kian mumpuni seiring perjalanan waktu.

Namun tahukah kamu, perangkat itu ternyata dikembangkan Steve Jobs karena alasan pribadi. Hal ini diungkapkan oleh mantan Head of Software Business Apple, Scott Forstall, dalam sebuah wawancara terbaru.

Forstall, sosok di balik pengembangan iOS generasi pertama itu, mengungkap Jobs pernah begitu kesal saat berbicara dengan salah seorang eksekutif Microsoft. Menurut Forstall, orang itu terus membicarakan rencana untuk membuat tablet yang dibekali stylus pada Jobs.

Pembicaraan yang dilakukan dalam beberapa kesempatan itulah yang membuat Jobs kesal. Seperti diketahui, Jobs tak pernah menyukai penggunaan stylus dan lebih memilih jari sebagai alat navigasi pada layar sentuh.

Akhirnya, pada sebuah kesempatan, Jobs mengutarakan rencananya untuk membuat tablet sekaligus menunjukkan pada eksekutif Microsoft itu bahwa Apple mampu menggarap tablet tanpa stylus. Rencana itu yang kemudian menjadi cikal bakal iPad.

"Kami memulai proyek tablet dengan cerita yang sedikit aneh pada awalnya. Proyek itu dimulai karena Jobs jengkel dengan pria dari Microsoft itu," ujar Forstall seperti dikutip dari CNET, Rabu (20/6/2017).

Namun rencana itu ternyata mengalami sedikit perubahan di tengah jalan. Saat software untuk tablet tersebut selesai dikembangkan dan tengah diuji coba internal, Jobs meminta Forstall untuk membuat software itu disesuaikan hingga seukuran ponsel.

Hasilnya, setelah selesai dikembangkan dalam versi yang lebih kecil, Jobs ternyata memilih untuk meluncurkan produk tersebut lebih dulu. Produk itu yang kemudian dikenal sebagai iPhone.

Meski sempat tertunda, proyek tablet itu tak sepenuhnya ditinggalkan. Apple sendiri memperkenalkan iPad generasi pertama pada 2010, tiga tahun setelah iPhone memulai debutnya.

(Dam/Cas)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Ini Rahasia di Balik Undangan Peluncuran Produk iPhone
Artikel Selanjutnya
Ada Pesan Rahasia di Undangan iPhone 8 yang Apple Sebar?