Sukses

Oskar Fischinger, Sang Animator Jadi Google Doodle Hari Ini

Google Doodle hari ini menampilkan Oskar Fischinger. Siapa dia?

Liputan6.com, Jakarta - Tepat pada hari ini, Kamis (22/6/2017), Google merayakan ulang tahun seniman visual asal Jerman, Oskar Wilhem Fischinger yang ke-117 tahun lewat Google Doodle. Siapa dia?

Sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber, Fischinger merupakan animator, pembuat film, dan pelukis yang terkenal berkat karya-karyanya di bidang animasi musik abstrak. Ia lahir pada 22 Juni 1900 di Gelnhausen, Jerman.

Fischinger tercatat telah menghasilkan 50 film pendek, di mana beberapa di antaranya menggabungkan efek animasi dan musik. Tak hanya itu, ia juga telah memproduksi sekitar 800 lukisan kanvas yang telah tersebar di museum seluruh dunia.

Salah satu karya terbaiknya adalah film pendek berjudul Motion Painting No 1 yang dirilis pada 1947, yang memboyong penghargaan Grand Prix Brussels International Experimental Film Competition di Belgia pada 1949.

Film ini mendapat perhatian besar karena Fischinger berhasil menggabungkan musik klasik berjudul Brandenburg Concerto no. 3, BWV 1048 dengan kompilasi gambar-gambar bergerak dalam tumpukan kaca akrilik.

Kini seluruh karya Fischinger, baik berupa film, fotografi, dan gambar animasi lainnya kini menjadi koleksi di Center for Visual Music (CVM) di Los Angeles, Amerika Serikat.

(Cas/Ysl)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.