Sukses

Melongok 5 Gadget Paling Aman Milik Barack Obama

Liputan6.com, Jakarta - Bukan rahasia lagi kalau seorang presiden tak bisa pakai sembarangan gadget, apalagi presiden Amerika Serikat.

Pasukan keamanan presiden Amerika Serikat alias Secret Service selalu menentukan perangkat paling aman yang sudah dienkripsi dan layak digunakan oleh presiden. Tujuannya tentu saja untuk menghindari upaya peretasan dari orang tak bertanggung jawab dan berbagai pihak lainnya.

Untuk menjamin keamanan rahasia negara adidaya itu dari serangan siber, Presiden Barack Obama juga dilaporkan menggunakan berbagai gadget berbeda.

Lantas, perangkat apa saja yang pernah digunakan oleh Presiden Amerika Serikat ke-44 Barack Obama? Berikut adalah lima perangkat canggih paling aman yang digunakan oleh Obama seperti Tekno Liputan6.com kutip dari ZDNet, Sabtu (24/6/2017).

1. Apple iPad 3 dengan Retina Display

Di meja Resolute Desk yang ada di Oval Office Gedung Putih, Obama diketahui menggunakan iPad generasi ketiga dari Apple.

Dari segi keamanan, iPad menawarkan keamanan dan kebijakan manajemen back-end yang memungkinkan keamanan data di dalam tablet mantan orang nomor satu Amerika Serikat itu terjaga dengan baik. iPad 3 milik Obama dilengkapi Retina display. Namun, pada model tertentu, Retina display pada iPad 3 telah dihentikan.

Uniknya, Obama dikabarkan pernah mengalami kebingungan saat melakukan panggilan dengan iPhone meskipun antarmuka penggunanya hampir sama dengan iPad. Tak hanya iPad, suami Michelle Obama ini juga dilaporkan menggunakan Mac dan BlackBerry.

iPad 3 Retina display merupakan salah satu perangkat yang pernah digunakan Presiden Barack Obama (Sumber:  Pete Souza, The White House)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

MacBook

2. Apple MacBook Pro (15 inci) 

Pada akhir 2013, Presiden Barack Obama pernah menggunakan laptop MacBook Pro berukuran 15 inci serta tablet iPad 3-nya.

Obama dilaporkan menggunakan MacBook Pro untuk berbagai hal. Misalnya untuk mengunggah cuitan di Twitter dan menjawab sejumlah pertanyaan di forum Reddit.

3. Notebook Dell Latitute E6420

Selain menggunakan MacBook Pro untuk mengakses Ask Me Anything (AMA) di forum Reddit dan mengunggah cuitan di Twitter, Presiden Barack Obama juga memakai notebook Dell Latitude E6420 selama berada di pesawat Air Force One.

Hal ini dilakukan Obama untuk tetap memantau kabar negaranya saat ia berada di udara. Laptop dengan OS Windows ini memang tergolong biasa, tetapi kabarnya tetap aman untuk pekerjaan rahasia.

3 dari 3 halaman

BlackBerry

4. BlackBerry Curve 8300

Bukan rahasia lagi kalau Presiden Barack Obama merupakan pengguna perangkat BlackBerry. Tak hanya satu, kabarnya ayah Malia dan Sasha ini memiliki dua perangkat BlackBerry, yakni BlackBerry Curve 8300 dan BlackBerry Curve 8900.

Presiden Barack Obama diketahui merupakan penggemar BlackBerry (Sumber: Pete Souza, The White House)

Saat Obama menjadi presiden, BlackBerry adalah salah satu perangkat yang disetujui oleh Pemerintah AS untuk mengirim dokumen rahasia.

Namun, keamanan iPhone juga tidak diragukan. Hal ini terbukti dari persetujuan Kementerian Pertahanan AS terhadap software iOS 6 pada iPhone dan iPad untuk dipakai dalam lingkungan pemerintahan.

5. Telecore IST-2 Secure Phone

Bentuknya memang terlihat aneh, tetapi perangkat ini merupakan telepon paling aman di Amerika Serikat. Telecore IST-2 mendapatkan persetujuan dari Pemerintah AS untuk digunakan sebagai sarana telekomunikasi dengan keamanan ultra, sebab telepon ini memiliki fitur keamanan multi-cryptographic.

Tak hanya itu, telepon ini juga memiliki fitur autentikasi keamanan dan mikrofon berkemampuan peredam kebisingan. Telepon aman ini juga dilengkapi dengan fitur caller ID yang menampilkan nama penelepon.

(Tin/Isk)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.