Sukses

3 Masalah Umum iPhone dan Solusinya

Liputan6.com, Jakarta - Seiring waktu berjalan, semua barang elektronik akan mengalami penurunan performa. Begitu juga dengan iPhone yang kamu gunakan.

Salah satu tanda yang sering kali menjadi tolok ukur kemampuan iPhone makin menurun adalah masa pakai baterai yang tak sama seperti dulu.

Tentunya, masalah baterai ini tidak hanya berlaku terhadap iPhone lama saja. Beberapa iPhone baru pun terkadang mengalami masalah baterai, semisal iPhone mati sebelum daya baterai habis.

Mengutip CNET, Kamis (29/6/2017), berikut adalah tiga (3) masalah baterai yang acap kali terjadi di iPhone dan solusinya.

1. Baterai Boros

Ada beberapa alasan mengapa baterai iPhone terkuras lebih cepat dari biasanya.

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah masuk ke Settings > Battery. Di bawah Battery Usage, kamu bisa melihat daftar aplikasi apa saja yang menyedot baterai iPhone selama 24 jam atau tujuh hari.

Cari aplikasi apa yang paling rakus daya baterai dan jika dirasa tidak perlu, kamu bisa langsung hapus aplikasi tersebut.

Sebelum menghapusnya, ada baiknya kamu mengecek apakah aplikasi tersebut memiliki pemberitahuan Background Activity atau Background Location. Kebanyakan aplikasi menyedot daya baterai lebih banyak karena selalu update informasi atau melacak lokasi.

Untuk mematikan update informasi aplikasi, kamu bisa masuk ke Settings > General > Background App Refresh. Untuk menonaktifkan lokasi GPS, masuk ke Settings > Privacy > Location Services.

Sejumlah pihak mengatakan daya pakai baterai lebih awet ketika fitur "Hey Siri" dimatikan. Dengan begini, iPhone tidak harus selalu "mendengar" ketika dua kata ajaib itu terucap.

Untuk mematikannya, masuk ke menu Settings > Siri dan geser tombol Allow "Hey Siri".

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mati tiba-tiba hingga iPhone panas

2. Mati Tiba-Tiba

Apa yang menjadi alasah iPhone mati tiba-tiba? (Doc: iMore)

Masalah ini terbilang cukup rumit untuk diatasi. Sejumlah artikel menyebutkan kamu harus melakukan kalibrasi terhadap baterai iPhone dengan membiarkannya habis secara total dan mengisi daya kembali hingga seratus persen.

Bila masalah masih terjadi, ada baiknya kamu mengecek apakah ada pembaruan software yang Apple gulirkan baru-baru ini. Untuk melakukannya, masuk ke menu Settings > Software Update.

Jika sudah menggunakan iOS terkini, mungkin tidak ada salahnya kamu reset iPhone dan mulai kembali dari awal. Jangan khawatir, kamu bisa restore iPhone yang di-reset seperti sediakala bila kamu sudah melakukan backup data via iTunes atau iCloud.

Untuk reset iPhone, masuk ke menu Settings > General > Reset dan tap Erase All Content and Settings.

3. iPhone Panas Saat Proses Pengisian Daya

Logo sertifikasi Apple. (Doc: Apple Insider)

Memang saat ini banyak toko online dan offline yang menjual kabel atau kepala charger iPhone dengan harga murah. Namun apakah kamu yakin kabel atau kepala charger tersebut tidak akan menyebabkan masalah terhadap iPhone kamu?

Kebanyakan, kasus iPhone yang panas ketika diisi baterai disebabkan oleh penggunaan kabel atau kepala charger pihak ketiga yang tidak mendapatkan sertifikasi resmi atau rekomendasi dari Apple. Usahakan mencari aksesori kabel atau kepala charger yang memiliki logo seperti di atas.

(Ysl/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.