Sukses

Tak Cuma Fleksibel, Layar Besutan LG Ini Juga Transparan

Untuk mengembangkan layar ini, LG mengungkap menghabiskan waktu hingga 59 bulan.

Liputan6.com, Jakarta - LG Display, anak perusahaan LG, kembali mengumumkan inovasi terbaru dari produk layarnya. Perusahaan asal Korea Selatan itu berhasil mengembangkan layar fleksibel beresolusi UHD dengan ukuran 77 inci.

Uniknya, layar ini tak hanya fleksibel, tapi juga transparan sehingga tampak seperti kaca biasa. Dikutip dari ZDNet, Sabtu (24/6/2017), dalam pengembangan layar ini, LG didukung oleh Kementerian Industri, Perdagangan, dan Energi Korea Selatan.

Adapun tujuan dari proyek ini adalah membuat layar UHD berukuran 60 inci yang tak hanya fleksibel, tapi juga transparan. Hal ini dilakukan agar LG dapat terus bersaing dengan perusahaan pemasok layar lain asal Taiwan dan Tiongkok. 

Untuk proses pembuatannya, LG membutuhkan waktu sekitar 59 bulan. Layar ini memiliki transmitansi 40 persen dengan kelengkungan 8oR, sehingga dapat dilipat menjadi bentuk lingkaran hingga radius 80mm.

Setelah proses pengembangan berhasil, disiapkan pula kit khusus untuk mendukung produksi massal dari layar ini. LG juga bekerja sama dengan pengembang lain dalam pengembangan software tampilan antarmuka untuk beragam kebutuhan.

Sayangnya, belum dapat dipastikan kapan layar ini akan mulai diproduksi massal, mengingat sampai sekarang masih dalam tahap penelitian. LG sendiri memang kerap memamerkan inovasi layar lengkungnya dalam beberapa kesempatan.

Pada 2016, perusahaan itu menampilkan layar yang dapat digulung, layaknya sebuah koran. Sebelumnya, LG juga sempat menampilkan konsep layar fleksibel berukuran 55 inci dengan transmitansi hingga 40 persen. 

(Dam/Isk)

Tonton Video Menarik Berikut Ini: 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.