Sukses

Ramaikan Momen Lebaran dengan Emoji Khusus di Twitter

Liputan6.com, Jakarta - Menyambut Hari Raya Idul Fitri yang sebentar lagi tiba, Twitter kembali merilis emoji bertema khusus Lebaran. Setiap kali pengguna menggunakan tagar #Lebaran, #Idulfitri, #Eid, atau #EidMubarak pada tweet yang diunggah akan muncul ikon spesial.

Berdasarkan keterangan resmi dari Twitter yang diterima, Jumat (23/6/2017), emoji ini dapat digunakan mulai 25 Juni, pukul 03.00 WIB hingga 30 Juni. Tak hanya merilis emoji khusus, Twitter Indonesia juga berkolaborasi dengan @TravellerKaskus mengadakan kompetisi #MudikGan.

Pengguna Twitter yang ingin berpartisipasi dapat mengirimkan foto, video, atau Periscope tentang perjalanan #mudik dan persiapan perayaan Hari Raya di kampung halaman. Kuis ini berlangsung dari tanggal 22 hingga 23 Juni 2017.

Sebelumnya, aplikasi microblogging ini juga merilis paket emoji khusus bertema Ramadan. Saat pengguna mencuit dengan memakai tagar #Ramadan, mereka akan disuguhkan emoji tematik bernuansa Islam.

Tujuan dari tagar dan emoji tersebut adalah saling berbagi informasi, seperti waktu berbuka, jadwal salat hingga informasi seputar kegiatan berbuka puasa atau sahur bersama keluarga dan kerabat.

Pengguna sudah dapat memakai emoji itu mulai 27 Mei 2017. Untuk memunculkan emoji bulan sabit dengan ikon masjid, pengguna hanya perlu menambahkan hashtag bertuliskan #Ramadan, #Ramazan, #Ramadhan, #BulanPuasa, #BukaPuasa, #Puasa, #Sahur, dan #Ngabuburit.

Ada lagi emoji khusus Ramadan lain dengan simbol gelas dan kurma atau juga lampu lentera. Pengguna hanya perlu membubuhkan tagar #iftar, #Ramadan_lantern, #Ramadan_lanterns, #takjil, #kurma, dan #iftar_ramadan.

Tak hanya emoji, Twitter juga meluncurkan ikon khusus Ramadan di Periscope. Caranya, pengguna hanya perlu memakai salah satu tagar yang sudah disebutkan di atas saat bersiaran, ikon hati yang biasanya muncul saat diklik akan berubah menjadi ikon bulan sabit.

(Dam/Ysl)

Tonton Video Menarik Berikut Ini: 

Artikel Selanjutnya
Tagar EidAlAdha Jadi Trending Topic di Twitter
Artikel Selanjutnya
Ucapan Idul Adha Ramaikan Medsos, Begini Cuitan Warganet