Sukses

Menkominfo Minta Operator Optimalkan Jaringan di Tol Fungsional

Liputan6.com, Jakarta - Dalam kunjungannya ke Network Operation Center (NOC) operator telekomunikasi, Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara sempat berpesan agar operator mengoptimalkan jaringan di sejumlah tol baru menjelang Lebaran.

"Tolong dijaga kualitas layanan di tol-tol baru agar tidak kejadian seperti (kemacetan) di tol Brexit (pintu tol Brebes. red) tahun lalu," ujarnya ditemui Tekno Liputan6.com di Jakarta, Jumat (23/6/2017).

Salah satu operator, XL Axiata telah mengoptimalkan jaringan telekomunikasi di sejumlah tol baru. Bahkan, menurut VP Service Operation Management XL, I Gede Darmayusa, sekitar 70 persen cakupan jaringan di tol baru sudah diperkuat dengan 4G.

"Tol-tol baru seperti Brebes dan Pejagan sudah diperkuat dengan 4G kami, sisanya semua tol sudah diperkuat jaringan 3G," ujar I Gede ditemui usai kunjungan ke NOC) XL di Jakarta, Jumat (23/6/2017).

Pihaknya juga mengoperasikan 30 unit BTS mobile tambahan untuk menambah kapasitas jaringan. Jumlah BTS mobile yang dioperasikan naik dari tahun lalu yang hanya 20 unit.

"Kami tambah BTS mobile karena sekarang banyak tol-tol baru dibuka. Dari 30 unit itu, sebanyak 27 unit kami sebar di wilayah Pulau Jawa," kata I Gede.

Direktur & Chief Service Management XL Axiata, Yessie D Yosetya menambahkan sejumlah tol baru hingga ruas tol fungsional yang ditambah kapasitas jaringannya antara lain Welerei-Semarang, Ketosono-Sidoarjo. Kemudian, Bawen-Salatiga, Banjar Kertosono-Jombang, Mojokerto-Kriyan.

"Kalau tahun lalu, kami tidak sempat men-deploy kapasitas jaringan di pintu tol Brebes karena itu H-5 sebelum Lebaran, tidak keburu. Kalaupun ada sinyal saat itu, pengguna juga tidak bisa akses karena tidak ada kapasitasnya," ungkap Yessie.

(Cas/Ysl)

Artikel Selanjutnya
Bagaimana Kesiapan Bank Mandiri Soal Transaksi Nontunai Jalan Tol
Artikel Selanjutnya
31 Oktober, Pengguna Tol Wajib Pakai Uang Elektronik