Sukses

Nuansa Mudik dan Idul Fitri Meriahkan Twitter

Liputan6.com, Jakarta - Umat muslim akan segera memasuki awal Syawal 1438 H, yang sekaligus menandai berakhirnya ibadah puasa Ramadan pada tahun ini. Meski pemerintah belum menggelar sidang isbat awal Syawal 1438 H, nuansa Lebaran sudah mulai terasa, termasuk di ranah internet.

Pantauan tim Tekno Liputan6.com, Sabtu (24/6/2017), berbagai topik yang berhubungan dengan perayaan Lebaran tampak mendominasi Indonesia Trends di Twitter. Kata kunci yang sedang populer saat ini adalah #Mudik2017, Ramadhan, #DitanyaKapanNikah, Cikampek, dan Idul Fitri.

Warganet tidak hanya membagikan kebahagiaan mereka menyambut Idul Fitri, tapi juga saling berbagi informasi lalu lintas yang bermanfaat bagi para pemudik. Berikut beberapa kicauan pengguna Twitter:

"Biarlah tunjangan tidak ada, yg penting tetap idul fitri dengan keluarga dan sahabat cukupmi," tulis pemilik akun @rajeshsalengS.

"#Mudik2017 ini yg paling dirindukan dikampung halaman,kumpul keluarga tak lupa masak dengan kayu #WelcomeMrObama," kicau akun @Kop1Hitam.

"Jadi ingat iklan-iklan di billboard Jogja: "Ya Allah, jangan jadikan Ramadhan ini sebagai Ramadhan terakhirku," tulis pemilik akun Twitter @attoadoank.

Hari Raya Idul Fitri pada tahun ini diperkirakan akan jatuh pada Minggu (25/6/2017). Kementerian Agama akan menggelar sidang isbat (penetapan) awal Syawal 1438 H. Sidang untuk menetapkan Idul Fitri atau Lebaran 2017 ini akan digelar pada Sabtu sore (24/6/2017).

Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin, dijadwalkan memimpin langsung sidang isbat, bersama Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia KH Ma’ruf Amin dan Ketua Komisi VIII DPR Ali Taher.

Proses sidang isbat akan dimulai pukul 17.00 WIB, yang akan diawali dengan pemaparan dari Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama tentang posisi hilal menjelang awal Syawal 1438H.

Sidang isbat akan dihadiri perwakilan dari beberapa instansi, termasuk Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), dan Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB).

(Din/Isk)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.