Sukses

Facebook Akan Rilis Aplikasi Khusus Kreator Konten Video

Liputan6.com, Jakarta - Facebook dilaporkan kian serius menggarap konten video yang ada di platform-nya. Setelah meluncurkan fitur live streaming tahun lalu, media sosial itu kini mengumumkan kehadiran aplikasi baru yang ditujukan untuk kreator konten video.

Dikutip dari Engadget, Selasa (27/6/2017), aplikasi ini akan terpisah dari Facebook dan rencananya akan dirilis pada akhir tahun 2017. Serupa dengan Facebook Mentions, aplikasi ini hanya tersedia untuk akun terverifikasi, seperti jurnalis, selebritis, atau influencer.

Nantinya, aplikasi ini menawarkan akses untuk melakukan siaran langsung ke Facebook Live termasuk piranti untuk edit video, mulai dari intro dan outro, stiker, serta frame tambahan.

Mengingat aplikasi ini ditujukan untuk kreator konten, Facebook juga menyediakan fitur Community yang memungkinkan mereka berinteraksi dengan follower-nya di Facebook, Instagram, dan Messenger.

Keputusan perusahaan menghadirkan aplikasi ini disebut tak lepas dari jumlah penonton video yang terbilang besar. Sejak akhir tahun lalu, CEO Facebook, Mark Zuckerberg, memang menuturkan platform-nya akan lebih memprioritaskan konten video.

Bahkan awal tahun ini, Facebook telah menerapkan iklan di dalam video yang diunggah ke platform-nya. Cara ini dilakukan sebagai upaya media sosial itu mulai menerapkan monetisasi pada layanannya.

Namun, sedikit berbeda dari layanan lain, iklan akan ditampilkan tak lama setelah video diputar. Meski mulai menerapkan monetisasi, kebijakan ini tak akan berpengaruh pada video yang diunggah oleh pengguna biasa.

Rencananya, perusahaan akan berbagi sekitar 55 persen dari pendapatan iklan di video. Melalui kebijakan ini, diperkirakan perusahaan yang kini dipimpin oleh Mark Zuckerberg itu dapat menghasilkan uang dari video dalam layanannya.

(Dam/Ysl)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Video Preview Nongol dalam Hasil Pencarian Google di Android
Artikel Selanjutnya
Berbalas Pesan Kian Seru di Instagram dengan Fitur Baru Ini