Sukses

Trafik Data Telkomsel Melesat hingga 136 Persen Selama Lebaran

Liputan6.com, Jakarta - Telkomsel kembali mencatat kenaikan layanan data di sepanjang momen Hari Raya Lebaran 217. Kali ini, lonjakan penggunaan layanan data meningkat lebih dari 136 persen, menembus angka lebih dari 6.000 TB (Terabyte) di hari Lebaran.

Angka tersebut meningkat jika dibandingkan dengan trafik data di periode yang sama pada 2016. Jika dibandingkan dengan hari normal selama 2017, layanan juga mengalami kenaikan lebih dari 27 persen.

Tercatat, penggunaan layanan data paling banyak digunakan oleh pelanggan yang mengakses media sosial (36 persen) dan layanan video streaming (29 persen).

Menurut keterangan yang disampaikan pihak Telkomsel kepada Tekno Liputan6.com pada Senin (26/6/2017), peningkatan trafik layanan data paling tinggi ada di daerah-daerah destinasi mudik.

Wilayah Sumatera dilaporkan mengalami peningkatan penggunaan layanan hingga lebih dari 36 persen, sedangkan wilayah Jawa dan Bali (meliputi Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Jawa Timur) mencapai lebih dari 32 persen jika dibandingkan dengan hari normal di 2017.

Meski demikian, secara nominal, trafik layanan data paling tinggi menempati wilayah Jabotabek dan Jawa Barat, yakni menembus angka lebih dari 1.700 TB, disusul dengan wilayah Jawa dan Bali dengan jumlah konsumsi lebih dari 1.645 TB.

Penggunaan layanan data pada momen Lebaran juga mengalami peningkatan drastis di beberapa lokasi berkumpulnya para pemudik.

Adapun di antaranya seperti Bandara Soekarno Hatta, Bandara Kuala Namu, Pelabuhan Merak, tol keluar Kaliangsa, Rest Area kilometer 9 Cibubur, dan Pelabuhan Ferry Kolaka (Sulawesi Tenggara). Peningkatan juga terpantau naik di lokasi wisata yang dipadati pengunjung, seperti Batu Karas (Pangandaran), Ancol, Kuta Bali, dan Kota Bunga (Puncak).

Sementara, layanan SMS dan suara tidak mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan hari normal. Trafik layanan suara turun enam persen menjadi 1,3 miliar menit, sedangkan SMS stagnan pada angka 740 juta SMS.

“Alhamdulilah, jaringan kami berfungsi lebih baik untuk melayani kebutuhan komunikasi pelanggan di hari Lebaran. Jauh-jauh hari sebelumnya, Telkomsel telah melakukan pemeliharaan jaringan guna mengantisipasi lonjakan trafik komunikasi pelanggan, yang biasanya terjadi pada H-7 hingga H+7 Lebaran,” kata VP Corporate Communications Telkomsel, Adita Irawati.

Seperti diketahui, Telkomsel telah melakukan berbagai upaya untuk mengantisipasi lonjakan trafik, seperti melakukan serangkaian kegiatan optimalisasi jaringan, menyediakan Visitor Location Register (VLR) atau kecukupan daya tampung pelanggan.

Operator yang identik dengan warna merah ini pun telah menyediakan kelonggaran di sejumlah wilayah. Tak cuma itu, Telkomsel juga telah melakukan uji coba jaringan di jalur mudik dalam jarak kurang lebih 11.000 km dan menyediakan 838 hotspot atau POI (Point of Interest) dan 89 unit compact mobile BTS untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi.

(Jek/Ysl)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Penumpang Pesawat Tembus 10 Juta Orang di Juli 2017
Artikel Selanjutnya
Bongkar Muat di Pelabuhan Kelolaan Pelindo I Naik 44%