Sukses

Tips Menulis Konten Menarik dan Persuasif untuk Situs Web

Liputan6.com, Jakarta - Penulisan konten situs web perlu dibuat secara menarik dan persuasif. Tujuannya supaya pengunjung memiliki keinginan untuk membaca halaman dari sebuah situs web dan menindaklanjuti apa yang menarik perhatian mereka dari konten tersebut.

Terdapat beberapa teknik yang akan membuat situs web lebih menarik bagi para pengunjung. Mengutip keterangan dari Verisign, berikut ini empat tips untuk menulis konten situs web:

Langsung ke Poin Inti

Di sebuah konten situs web, poin terpenting dan paling utama haruslah diletakkan paling awal. Jangan harap pengunjung situs web akan membaca konten secara keseluruhan dari awal hingga akhir.

Selain itu, perlu diperhatikan pula, poin terpenting itu dapat berupa pernyataan sederhana, kemudian diikuti penjelasan lebih lanjut tentang informasi lainnya. Inilah yang disebut dengan konsep penulisan piramida terbalik.

Tulis dengan Singkat

Menulis konten situs web persuasif berbeda dengan tulisan karangan seorang siswa yang diserahkan ke gurunya. Tulisan panjang yang bertele-tele dan penuh deskripsi tidak cocok untuk konten web. Buatlah kalimat pendek, maksimal dua puluh kata, untuk menjaga dan mempertahankan perhatian pengunjung.

Kata-Kata Ajakan Mengambil Keputusan

Tulisan persuasif bertujuan untuk meyakinkan pengunjung dalam mengambil keputusan. Perjelaslah keputusan apa yang diharapkan akan pengunjung ambil dan buatlah semudah mungkin agar mereka bisa mengikutinya.

Menulis untuk Dibaca Cepat

Seseorang membaca konten situs web karena alasan tertentu. Buatlah semudah mungkin bagi mereka untuk menemukan apa yang mereka cari di konten tersebut.

Penggunaan paragraf singkat, yang terdiri dari paling banyak empat sampai lima kalimat, akan memudahkan pengunjung untuk mendapatkan informasi yang mereka cari.

Tonton video menarik berikut ini:

(Why/Isk)

Artikel Selanjutnya
Jurus Jitu Snapchat agar Tak Disontek Kompetitor
Artikel Selanjutnya
Top 3: Tampilan Interior Stasiun Luar Angkasa Internasional