Sukses

Trafik Data Tri Melesat hingga 200 Persen Selama Lebaran 2017

Liputan6.com, Jakarta - Trafik layanan data Tri Indonesia melesat hingga hampir 200 persen pada Lebaran 2017. Hal ini dipicu oleh tingginya penggunaan media sosial dan aplikasi pesan instan oleh pelanggan untuk menyampaikan ucapan selamat Idul Fitri.

Menurut catatan, seperti disampaikan dalam keterangan resmi, Jumat (30/6/2017), video streaming merupakan aktivitas yang paling banyak dilakukan oleh pelanggan Tri selama periode mudik hingga libur Lebaran.

"Kami telah mengembangkan pusat kendali jaringan baru sejak awal Juni lalu sehingga kami dapat melakukan pemantauan lebih intensif untuk meningkatkan kapabiltas dan kualitas layanan jelang Ramadan dan Lebaran 2017. Kami bersyukur pelanggan kami tidak mengalami kendala dalam menggunakan layanan kami," ujar Desmond Cheung, Chief Technology Officer Tri Indonesia.

Desmond mengungkap bahwa peningkatan akses video streaming YouTube naik hampir 60 persen dibandingkan hari biasa. Sementara, aplikasi media sosial didominasi oleh Instagram dengan kenaikan 60 persen. Adapun, aplikasi pesan instan yang paling banyak digunakan adalah WhatsApp dan Line Messenger dengan kenaikan masing-masing 80 persen dan 60 persen.  

"Layanan data kami juga semakin optimal dengan kehadiran 4G di 234 kota/kabupaten dan 7.300 pedesaan. Trafik data Tri rata-rata per 3.000 TB per hari di mana 35 persen adalah trafik layanan 4G," tambahnya.

Menurut Demond, layanan telepon dan pesan singkat (SMS) tetap naik, tetapi tidak tiinggi. Adapun, peningkatan trafik secara umum terjadi sejak H-14. Trafik kembali normal pada H-1

Menjelang Ramadan dan Idul Fitri tahun ini, Tri melakukan optimalisasi jaringan dan infrastruktur untuk mengantisipasi lonjakan trafik telekomunikasi. Tri juga menyediakan 100 BTS mobile di jalur mudik Pulau Jawa dan Sumatera untuk mengatasi kepadatan trafik di jalur tersebut.

(Cas/Isk)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

 

Artikel Selanjutnya
Peningkatan Konsumsi BBM Tertinggi di Jawa Tengah pada Mudik 2017
Artikel Selanjutnya
Angkasa Pura Layani 41,8 juta Penumpang di Semester 1 2017