Sukses

Samsung Jadi Penguasa Pasar Layar Smartphone

Samsung Display Co. mempertahankan statusnya sebagai produsen layar smartphone nomor satu di dunia pada kuartal I 2017.

Liputan6.com, Jakarta - Samsung Display Co. mempertahankan statusnya sebagai produsen layar smartphone nomor satu di dunia pada kuartal pertama 2017. Hal ini diperkirakan karena terjadi peningkatan pengapalan panel Organic Light-Emitting Diode (OLED).

Menurut data perusahaan riset IHS Markit, gabungan penjualan global layar LCD dan OLED berukuran 9 inci atau lebih kecil mencapai US$ 13 miliar pada periode Januari sampai Maret 2017. Jumlah tersebut naik 35 persen dari satu tahun lalu.

Samsung Display membukukan penjualan sebesar US$ 3,5 miliar selama kuartal I 2017 dan menguasai 27,2 persen pasar global. Posisi berikutnya ditempati oleh Japan Display dengan 17,8 persen pangsa pasar, diikuti LG Display Co. dan BOE Technology Group.

Para pengamat industri menilai pertumbuhan keseluruhan termasuk signifikan, karena periode tersebut biasanya dianggap "offseason" bagi industri layar. Gabungan penjualan produk OLED menghasilkan US$ 1,1 miliar.

"Harga rata-rata penjualan OLED fleksibel US$ 65,3, jauh di atas US$ 36,7 dan US$ 18,9 dari masing-masing produk OLED dan LCD. Mengingat Samsung Display memimpin pasar, tren ini akan membantu profitabilitas perusahaan," tutur sumber industri, seperti dikutip dari Korea Herald, Senin (3/7/2017).

(Din/Cas)

Tonton Video Menarik Berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.