Sukses

Mengintip Evolusi iPhone Selama 10 Tahun

Liputan6.com, Cupertino - iPhone bisa dibilang salah satu perangkat paling berpengaruh dalam hal mengubah industri smartphone. Kini, smartphone besutan Apple itu sudah menginjak usianya yang ke-10 sejak pertama kali diperkenalkan pada 2007 silam. Apa saja perubahan yang dibawa?

Salah satu perubahan yang paling memberikan dampak adalah layar. Ya, iPhone adalah salah satu smartphone layar sentuh pertama yang hadir dengan spesifikasi kelas atas pada masanya. iPhone generasi pertama, diketahui memperkenalkan fitur touch controls yang memungkinkan pengguna tak lagi harus memakai stylus ketika menyentuh layar. Kapasitas sentuhannya pun responsif.

Bahkan, pencipta iPhone  Steve Jobs mengklaim iPhone generasi pertama sebagai smartphone revolusioner yang dapat menggebrak industri dunia. Mengusung sejumlah fitur canggih, iPhone saat itu menjadi salah satu smartphone yang diidam-idamkan banyak orang.

Seiring waktu berjalan, Apple akhirnya konsisten merilis iPhone di setiap tahun, dengan beragam pembaruan dalam desain dan spesifikasi. Tentu, setiap iPhone edisi anyar hadir dengan improvisasi yang lebih baik.

Karena itu, Tekno Liputan6.com akan menyajikan evolusi iPhone dari waktu ke waktu selama 10 tahun. Seperti apa perubahannya? Simak ulasannya berikut.

1. iPhone (generasi pertama) - 2007

Inovasi: Layar sentuh multi touch, kualitas layar tajam, desain unibody berbahan metal, kamera 2MP, tombol home.

2. iPhone 3G - 2008

Inovasi: Kualitas layar lebih tajam, desain unibody berbahan plastik, kamera 2MP, iPhone OS 2.0.

3. iPhone 3GS - 2009

Inovasi: Performa lebih kencang, desain unibody berbahan plastik dan metal, voice control, kamera 3MP, dan sistem perdana iOS.

4. iPhone 4 - 2010

Inovasi: Layar lebih tajam dengan Liquid Crystal Display, desain dirombak dengan material kaca dan framing stainless steel, chip terbaru Apple A4, kamera utama 5MP dan iPhone pertama dengan kamera depan 0.3MP.

1 dari 3 halaman

iPhone 4s hingga iPhone 5s

5. iPhone 4s - 2011

Inovasi: Desain sama persis dengan iPhone 4, hanya saja performa lebih cepat berkat chip Apple A5. Kamera utama mengalami peningkatan menjadi 8MP, kamera depan masih 0.3MP. Hadir dengan iOS 5, iPhone 4s menjadi seri pertama yang mengusung teknologi asisten virtual Siri. iPhone 4s menjadi iPhone terakhir yang mengusung layar 3,5 inci.

6. iPhone 5 - 2012

Inovasi: Hadir dengan layar lebih besar dan panjang, 4 inci dan rasio 16:9. iPhone 5 mengusung performa lebih kencang dengan chip Apple A6. Hadir dengan iOS 6 dan kamera utama 8MP serta kamera depan 1.2MP.

7. iPhone 5c - 2013

Inovasi: Versi budget dari iPhone 5 karena mengusung material plastik dan hadir dengan warna-warni nyentrik.

8. iPhone 5s - 2013

Inovasi: iPhone pertama yang hadir dengan tombol fingerprint. Secara desain, sama persis dengan iPhone 5. iPhone 5s tentunya hadir dengan performa lebih cepat di atas iPhone 5 karena mengusung chip Apple A7.  iPhone 5s mengusung iOS 7, kamera utama 8MP dan kamera depan 1,2MP. iPhone 5s adalah iPhone terakhir dengan layar 4 inci.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

9. iPhone 6 dan 6 Plus - 2014

Inovasi: iPhone keenam hadir dalam dua varian: 6 (edisi reguler dengan layar 4,7 inci) dan 6 Plus (edisi layar lebih besar 5,5 inci). Desainnya hadir lebih luwes, dengan panel garis antena ikonik di belakang kover smartphone.

Keduanya mengusung spesifikasi yang berbeda namun tetap berjalan dengan sistem operasi terbaru iOS 8 dan berjalan dengan chip Apple A8. Untuk kamera, ia hadir dengan kamera utama 8MP dan kamera depan 1.2MP.

10. iPhone 6s dan 6s Plus - 2015

Inovasi: Desain sama persis dengan iPhone 6 dan 6 Plus. Hanya, performa lebih kencang karena mengusung chip Apple A9. Salah satu perubahan terbaru adalah teknologi Force Touch. iPhone 6s dan 6s Plus hadir dengan kamera utama 12MP dan kamera depan 5MP.

11. iPhone 7 dan 7 Plus - 2016

Inovasi: iPhone 7 dan 7 Plus hadir dengan ukuran yang sama dengan pendahulunya. Perubahan desain minor dengan menghilangkan garis panel antena. iPhone 7 dan 7 Plus juga hadir dengan desain warna baru: Matte Black dan Jet Black.

Keduanya mengusung prosesor terbaru Apple A10, menjadikannya sebagai iPhone terkencang untuk saat ini. iPhone 7 Plus hadir dengan kamera utama ganda, resolusinya pun lebih tinggi. iPhone 7 hadir dengan kamera utama 12MP dan kamera depan 7MP, sedangkan iPhone 7 Plus mengusung kamera utama ganda 12 MP dan kamera depan 7MP.

(Jek/Ysl)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Drama Keterbatasan Pasokan iPhone 8 Masih Berlanjut
Artikel Selanjutnya
Ini Rahasia di Balik Undangan Peluncuran Produk iPhone