Sukses

Ingin Beli Smartphone Baru? Baca Dulu 4 Tips Ini

Liputan6.com, Cupertino - Smartphone  memang membuat hidup lebih mudah. Tak cuma untuk SMS dan melakukan panggilan, smartphone  punya fitur penunjang lain yang sangat membantu. Adapun di antaranya seperti e-mail, penunjuk arah, berbelanja, mendengarkan musik, hingga menonton video.

Kadang kala, sejumlah orang bingung dalam memilih smartphone. Berbagai pertimbangan yang tercetus sebelum membeli smartphone, mulai dari sistem operasi (OS) yang tepat, kemapanan spesifikasi, hingga soal harga.

Untuk mendapatkan smartphone terbaik, tentu harga menjadi hal utama yang harus dipikirkan pengguna.

Namun, baik smartphone yang dibanderol dari harga terjangkau hingga kelas premium, pengguna harus terlebih dahulu melakukan riset dan mengetahui yang benar-benar diinginkan dan dibutuhkan. Pertimbangan ini bahkan wajib dilakukan saat pengguna hendak membeli smartphone baru.

Nah, jika kamu termasuk ke salah satu yang bingung menentukan smartphone yang tepat, berikut tips yang bisa diikuti, sebagaimana dilansir How Stuff Works yang dikutip Tekno Liputan6.com pada Kamis (6/7/2017).

1. Pastikan kamu membutuhkan smartphone baru

Meski tampak sepele, langkah pertama sebelum memutuskan memilih smartphone baru adalah harus benar-benar memastikan bahwa kamu memang membutuhkan perangkat tersebut. Lalu, bagaimana kamu tahu kalau benar-benar membutuhkan sebuah smartphone baru?

Hal pertama adalah perhatikan bagaimana penggunaan smartphone kamu saat ini. Jika spesifikasi smartphone milikmu sudah cukup outdated (tertinggal), ada baiknya kamu segera mengganti smartphone baru. Yang paling vital dalam hal ini adalah prosesor, mengingat prosesor adalah instrumen vital yang menopang performa dari smartphone.

Pertama, kamu harus mengetahui jejak perkembangan prosesor smartphone dari tahun ke tahun. Pastikan prosesor smartphone yang kamu gunakan tetap update dan masih layak digunakan dalam jangka waktu lama, setidaknya tiga hingga empat tahun.

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

1 dari 3 halaman

Siapkan Dana

2. Siapkan dana

Harga smartphone dan paket data adalah dua pertimbangan soal dana. Untuk harga smartphone, program promosi dan diskon bisa menjadi "peluang manis" jika ternyata smartphone impian kamu dijual dengan harga jauh lebih murah.

Namun, sebagai catatan, pastikan bahwa biaya sesuai dengan smartphone yang diinginkan. Sementara, untuk biaya paket data, jika ingin menggunakan smartphone untuk mengunduh aplikasi, gim, dan film, maka kamu harus menyiapkan biaya yang cukup besar.

3. Pilih OS yang sesuai

Sistem operasi (OS) smartphone adalah platform yang digunakan untuk menjalankan berbagai program. Saat ini Android dan iOS adalah dua OS mobile terpopuler di pasar smartphone.

Masing-masing OS memiliki kekurangan dan kelebihan. Namun, semua pilihan kembali lagi ke pengguna. iOS punya aplikasi eksklusif yang tidak ada di Android, begitu pun sebaliknya. Akan tetapi, hampir semua jenis aplikasi hadir baik pada dua OS tersebut.

2 dari 3 halaman

Pilih yang Paling Nyaman

4. Pilih smartphone yang nyaman digunakan

Setelah tiga tips di atas, maka hal lain yang harus dilakukan sebelum membeli smartphone adalah mencobanya terlebih dahulu. Seperti soal kenyamanan layar sentuh atau ukuran dari smartphone itu sendiri.

Hal lainnya yang bisa dilakukan dengan menjajal keyboard dan kemudahan berpindah antar-aplikasi. Agar lebih mantap memilih, baca berbagai ulasan yang diberikan konsumen di internet mengenai smartphone yang akan dibeli, atau kamu juga bisa membaca subkanal gadget terkait review smartphone yang pernah diulas Tekno Liputan6.com.

Selamat memilih smartphone!

(Jek/Isk)

 

 

Artikel Selanjutnya
Meski Mampu, Perlukah Borong Barang Bermerek?
Artikel Selanjutnya
Cari Jalan Pintas, Pakai Smartfren 4G GSM