Sukses

Apple Bakal Musnahkan Lubang Charging di iPhone 8?

Liputan6.com, Cupertino - Ada banyak perubahan yang muncul di iPhone 8, salah satunya adalah hadirnya layar berpanel OLED. Tak cuma itu, Apple juga disebut-sebut akan menghilangkan port charging pada iPhone terbarunya ini.

Sebagai ganti, iPhone 8 akan mengusung pengisian daya nirkabel dengan menggunakan metode magnetik. Jika benar terbukti, iPhone 8 akan menjadi iPhone pertama yang hadir tanpa ada lubang sama sekali.

Menurut informasi yang dilansir Mashable pada Selasa (4/7/2017), meski tak ada lubang charging, iPhone 8 masih akan tetap menggunakan kabel yang akan ditempelkan ke port magnet iPhone 8.

Mekanismenya mirip dengan kabel charging magnetik MacBook Air, di mana ujung kabel akan menempel secara otomatis saat hendak mengisi daya.

Sementara, sumber lain yang disampaikan Apple Insider menyebut, perusahaan asal Cupertino ini telah meminta Foxconn agar memproduksi modul pengisian daya nirkabel untuk iPhone 8.

Namun belum dapat dipastikan apakah modul akan siap digunakan untuk produk iPhone yang meluncur pada 2017, mengingat Foxconn masih terus mengembangkan komponen sampai ke tingkat yang dianggap memuaskan.

Seperti diketahui, ada beberapa produk Apple lain yang mengusung kemampuan pengisian daya nirkabel. Selain MacBook Air, Apple Watch pun mengadopsi metode serupa. Smartwatch tersebut memiliki kemampuan pengisian daya yang memanfaatkan teknologi Magnetic Charging Cable.

Sistem ini memungkinkan keping magnet di Apple Watch menarik energi dari sumber daya dengan memanfaatkan USB. Akan tetapi, sistem relatif lambat untuk mengisi karena jumlah daya yang ditransfer tak besar.

Rumor mengenai rencana Apple untuk menyematkan kemampuan pengisian daya nirkabel sebenarnya sudah berhembus sejak awal 2016. Perusahaan yang kini dipimpin Tim Cook itu dikabarkan akan menggarap teknologi pengisian daya nirkabel yang berbeda dari saat ini.

Teknologi pengisian daya nirkabel yang dikembangkan Apple memungkinkan perangkat berada dalam jarak jauh. Jadi, teknologi ini memungkinkan iPhone diisi dayanya tanpa perlu diletakkan di dock pengisian daya nirkabel.

(Jek/Isk)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

 

Artikel Selanjutnya
Drama Keterbatasan Pasokan iPhone 8 Masih Berlanjut
Artikel Selanjutnya
Ini Rahasia di Balik Undangan Peluncuran Produk iPhone