Sukses

Fitur 'Suggested Sharing' Google Photos Kini Hadir di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Google Photos mengalami sejumlah penyegaran fitur. Seperti yang sudah diumumkan lewat gelaran Google I/O 2017 beberapa waktu lalu, layanan foto milik raksasa teknologi ini mendapat dua fitur baru: Suggested Sharing dan Shared Libraries.

Kini, pengguna Google Photos di Indonesia sudah bisa menggunakannya. Sekadar informasi, fitur baru tersebut mengadaptasi teknologi kecerdasan buatan Machine Learning milik Google.

Karenanya, ia bisa mengidentifikasi foto dan menyarankan penerima foto yang hendak dituju. Jadi, saat momen berkumpul dengan keluarga seperti Lebaran, pengguna bisa langsung berbagi foto kepada kerabat tanpa harus mencari nama mereka satu-satu.

Tak cuma itu, pengguna juga bisa semakin mudah mengirim dan menerima foto dengan satu sama lain berkat fitur Shared Libraries, di mana mengatur dan berbagi foto mana yang ingin dibagikan bisa dilakukan secara otomatis.

Berikut cara menggunakan fitur Suggested Sharing sebagaimana Tekno Liputan6.com kutip dari keterangan resmi Google Indonesia.

Suggested Sharing

1. Sharing Tab menjadi tempat untuk melihat aktivitas berbagi Google Photos, seperti foto dan video yang dikirim untuk kamu dan yang telah terkirim ke orang lain. Di bagian atas, ada saran berbagi yang dibuat berdasarkan kebiasaan berbagi foto kamu.

2. Google Photos bisa mengenali momen penting seperti liburan sekolah atau acara pernikahan. Google Photos bahkan dapat memilih foto yang tepat, dan menyarankan siapa yang mungkin ingin melihat foto kamu.

Sebelum mengirimkannya, kamu pun dapat mengubah penerima yang telah disarankan. Dengan Google Photos, kamu tidak perlu khawatir untuk berbagi dengan siapa saja sekalipun mereka tidak menggunakan Google Photos, karena kamu bisa menggunakan alamat e-mail atau nomor telepon mereka.

3. Jika kamu sedang bersama teman dan keluarga yang menggunakan Google Photos, mereka akan mendapat pengingat untuk menambahkan foto mereka ke dalam album yang terkait.

Kamu juga akan diperingatkan ketika ada foto baru yang ditambahkan dan dapat melihat semua foto di satu tempat.

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

1 dari 2 halaman

Shared Libraries

1. Untuk berbagi semua foto kamu dengan seseorang yang spesial, kamu dapat menggunakan Shared Libraries. Katakanlah Daniel ingin berbagi library dengan istrinya, Leslie.

Dimulai dengan menu di kiri atas, dia memilih "Share your library" dan memasukkan alamat e-mail Leslie.

Dengan itu, Daniel bisa berbagi seluruh library fotonya, atau foto orang-orang tertentu, seperti foto Leslie, atau foto anak perempuan mereka. Dia juga dapat memberi Leslie akses untuk foto pada hari tertentu, seperti hari pertama kali mereka bertemu.

2. Setelah Leslie menerima undangan tersebut, dia dapat melihat foto yang telah dibagikan Daniel. Saat Daniel mengambil lebih banyak foto bersama Leslie, Google Photos akan memberi tahu Leslie saat ada foto baru dan membagikannya secara otomatis.

3. Leslie dapat memilih untuk menyimpan semua foto Daniel atau hanya foto anak perempuan mereka secara otomatis.

Foto ini akan tersimpan dan muncul di film, kolase, dan kreasi lainnya yang dibuat oleh Google Photos untuk Leslie.

(Jek/Isk)

Artikel Selanjutnya
Instagram Stories Bakal Bisa Disaksikan Lewat Desktop
Artikel Selanjutnya
Ini 5 Aplikasi iPhone Terbaik