Sukses

Gandeng Acer dan Asus, Endless OS Siap Hadir di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Sistem operasi gratis untuk perangkat PC desktop dan laptop, Endless OS, kini resmi meluncur untuk pengguna di Indonesia. Untuk menjangkau pasar Tanah Air, Endless OS menjalin kerja sama dengan Asus dan Acer.

Bagi kamu yang belum mengenal Endless OS, sistem operasi ini memang ditujukan untuk kebutuhan pendidikan. Jadi, sistem operasi ini hadir dengan sejumlah aplikasi bawaan untuk beragam kebutuhan, termasuk browsing, media sosial, pekerjaan, termasuk gim.

Menurut CEO dan pendiri Endless Computers, Matt Dalio, Endless OS merupakan sistem operasi yang dapat bekerja optimal sekalipun tak terhubung dengan internet. Ia menuturkan, Endless OS hadir memecahkan masalah dua masalah teknologi saat ini, yakni biaya tinggi dan konektivitas.

"Tak semua orang dapat menggunakan komputer dengan optimal karena keterbatasan koneksi dan tingginya biaya internet. Karena itu, kami hadir dengan kemampuan mengoptimalkan kuota internet yang dapat dibeli oleh pengguna," ujarnya saat peluncuran Endless OS di Jakarta, Selasa (4/7/2017).

Alasannya, Endless OS sudah hadir dengan konten bawaan untuk beragam kebutuhan pengguna. Jadi, saat pengguna terhubung internet, aplikasi tersebut akan memperbarui konten. Saat tak terhubung internet, pengguna masih dapat melihat konten yang sudah diunduh lebih dulu.

"Endless OS dapat melakukan apa pun yang ditawarkan oleh sistem operasi lain di komputernya," ujar Matt menjelaskan. Selain itu, spesifikasi yang diperlukan untuk dapat menjalankan sistem operasi ini tak perlu terlalu mumpuni.

Endless OS juga menawarkan tampilan antarmuka yang intuitif serupa dengan smartphone. Hal lain yang juga penting adalah sistem operasi ini diklaim bebas dari ancaman keamanan yang menyerang kebanyakan sistem lain.

Nantinya, sistem operasi ini akan terpasang di seluruh jajaran perangkat Acer dan Asus yang siap dijual di pasaran. Head of Consumer Product Acer Indonesia, Dianah Kwok, mengatakan sistem operasi ini tersedia untuk semua lini perangkat Acer.

Senada dengan Dianah, Notebook Product Manager Asus Indonesia, Alistair Wu, juga menyebut Asus akan menyematkan Endless OS untuk lini gaming-nya, yakni ROG.

Adapun pengguna yang tertarik mencoba Endless OS dapat mendapatkannya di Acer Aspire ES1-132, Aspire ES1-432, Aspire E5-475, dan Aspire E5-475G. Sementara Endless OS tersedia di produk Asus X441NA, AIO Asus V221IC, Asus M32CD-K, dan Asus A456UQ.

(Dam/Ysl)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Rencana Pembunuhan Ahok Terendus Lewat Telegram
Artikel Selanjutnya
Wanita Ini Tertangkap Selundupkan 102 iPhone di Badan