Sukses

Alibaba Bakal Garap Pesaing Amazon Echo?

Melalui speaker pintar ini, konsumen Alibaba dapat langsung memesan barang lewat perintah suara

Liputan6.com, Jakarta - Alibaba dikabarkan bakal merambah bisnis perangkat keras dalam waktu dekat. Perusahaan asal Tiongkok itu disebut-sebut tengah mempersiapkan pesaing speaker pintar besutan Amazon, yakni Amazon Echo.

Dikutip dari Ubergizmo, Rabu (5/7/2017), speaker pintar ini akan memiliki fungsi yang mirip dengan Amazon Echo. Namun berbeda dari Echo yang dijual ke beberapa negara, speaker ini terbatas hanya dipasarkan di wilayah Tiongkok.

Mengingat ditujukan untuk pasar domestik Tiongkok, speaker ini akan dibekali kecerdasan buatan yang mengerti bahasa Mandarin. Nantinya, speaker ini juga dapat digunakan untuk berbelanja melalui perintah suara di platform Alibaba lain, seperti Taoboa dan Tmall.

Sayangnya, tak diungkap informasi seputar fitur, spesifikasi, termasuk nama dari speaker pintar ini. Kendati demikian, Alibaba dilaporkan berencana mengumumkan kehadiran perangkat ini sekitar minggu depan.

Keputusan Alibaba untuk menghadirkan speaker pintar semacam ini dinilai masuk akal mengingat platform e-Commerce tersebut sudah memiliki pasar begitu kuat di negeri Tirai Bambu. Terlebih, pangsa pasar Amazon Echo di Tiongkok masih berada di bawah 1 persen.

Dengan kehadiran speaker ini, bukan tak mungkin Alibaba ingin mengambil ceruk pasar lebih besar di negeri sendiri sebelum sejumlah perusahaan teknologi lain memperkenalkan produk serupa di wilayah Tiongkok.

(Dam/Ysl)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.