Sukses

Samsung Siapkan Speaker Pintar Berbasis Bixby?

Liputan6.com, Jakarta - Samsung dikabarkan berencana mengikuti jejak perusahaan lain yang meluncurkan speaker pintar berbasis kecerdasan buatan. Menurut laporan Wall Street Journal, speaker pintar ini dibekali Bixby, asisten virtual garapan Samsung sendiri.

Dikutip dari Engadget, Rabu (5/7/2017), speaker ini memiliki kode nama "Vega". Sayangnya, sampai sekarang belum diketahui spesifikasi termasuk fitur dan waktu rilis dari perangkat ini.

Namun, mengingat produk serupa sudah cukup banyak di pasaran, bukan tak mungkin Samsung telah menyiapkan fitur andalan untuk menggaet pengguna. Terlebih, Apple dan Microsoft juga dilaporkan bersiap terjun ke pengembangan speaker pintar.

Rencana pengembangan speaker pintar ini memang sejalan dengan visi Samsung saat memperkenalkan Bixby. VP dan Head of R&D, Software and Services Samsung, Injoong Rhee menyebut Bixby tak hanya dikembangkan untuk smartphone, tetapi juga untuk kebutuhan lain.

"Dimulai dengan smartphone, Bixby secara bertahap akan diterapkan pada seluruh perangkat Samsung. Kami percaya Bixby dapat berkembang dari smartphone ke seluruh kehidupan," tuturnya saat perkenalan Bixby.

Sebagai informasi, Bixby sendiri hadir pertama kali di Galaxy S8. Bixby merupakan gabungan antara kecerdasan buatan dengan keseluruhan sistem dan Application Programming Interface (API) yang terbuka untuk pengembangan pihak ketiga.

Samsung mengklaim, asisten virtual ini tahu semua yang ditampilkan di layar dan mengerti apa yang pengguna butuhkan. Bixby bahkan disebut sebagai cara baru untuk melakukan pencarian dan berinteraksi dengan smartphone

Mengenai fitur perintah suara, saat ini Bixby baru bisa memahami bahasa Inggris dan Korea. Untuk sementara, pengguna hanya bisa menggunakan kedua bahasa itu untuk berkomunikasi.

(Dam/Why)

Tonton Video Menarik Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.