Sukses

Kaspersky Rilis Aplikasi Penghemat Baterai untuk Android

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan keamanan Kaspersky Lab merilis aplikasi gratis untuk membantu menghemat baterai di perangkat Android. Hal ini merupakan respons atas banyaknya pengguna yang mengalami kepanikan saat baterai smartphone melemah di saat tak tepat.

Berdasarkan keterangan Kaspersky Lab yang diterima Tekno Liputan6.com, aplikasi bernama Battery Life ini dirancang untuk mengatasi pengalaman tak menyenangkan saat baterai smartphone Android berada di level kritis.

Aplikasi ini bekerja dengan prinsip menganalisis semua aplikasi yang dipasang pada perangkat Android pengguna. Kemudian, Battery Life akan mengidentifikasi aplikasi mana yang paling mengonsumsi banyak daya.

Hal ini dilakukan karena 96 persen aplikasi di perangkat Android berjalan di latar belakang (background), bahkan saat pengguna sedang tidak memakai aplikasi tersebut. Battery Life kemudian menghentikan aplikasi yang rakus daya baterai, sehingga masa pakai baterai bisa lebih lama.

Fitur lain di aplikasi Battery Life ini adalah kemampuan menghitung waktu yang tersisa sebelum baterai smartphone benar-benar habis. Hal ini tentu akan membantu pengguna menemukan cara untuk mengisi daya smartphone. Dengan demikian, komunikasi pun tidak akan terganggu.

Head of Consumer Product Management Kaspersky Lab Elena Khachenko mengatakan, Kaspersky sebagai perusahaan keamanan tak hanya melindungi pengguna dari ancaman siber.

"Pendekatan kami demi melindungi pengguna mencakup mengurangi risiko digital seminimal mungkin di semua lini. Battery Life membantu pengguna untuk tetap terhubung," kata Khachenko.

Namun, ia juga berpesan kepada pengguna untuk selalu mementingkan keamanan internet ketika sedang online. "Sangat penting untuk mempertimbangkan perlindungan privasi dari mata-mata, dan melindungi perangkat dari kehilangan atau pencurian", ungkap Kharchenko.

Sekadar informasi, aplikasi Battery Life tak memakan space memori, hanya membutuhkan ruang sebanyak 15MB. Aplikasi ini bisa berjalan di Android versi 4.1 sampai 6.0.1.

(Tin/Why)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Ini 5 Aplikasi iPhone Terbaik
Artikel Selanjutnya
Google Bakal Sertifikasi Perangkat Android Bebas Malware