Sukses

Baidu dan NVIDIA Kolaborasi Perluas Fungsi Kecerdasan Buatan

Kolaborasi ini mencakup pemanfaatan kecerdasan buatan di komputasi awan, mobil otonomos, pendidikan, termasuk produk konsumen

Liputan6.com, Jakarta - Baidu dan Nvidia baru saja mengumumkan hubungan kerja sama. Secara garis besar, kedua perusahaan akan berkolaborasi menggarap teknologi kecerdasan buatan.

Dikutip dari Tech Crunch, Kamis (6/7/2017), kerja sama ini mencakup penerapan teknologi untuk komputasi awan, sistem kendaraan otonomos, pendidikan dan penelitian, termasuk perangkat konsumen.

Melalui kerja sama ini, nantinya Baidu Cloud akan mengunakan GPU Nvidia Volta. Perusahaan asal Tiongkok itu juga akan mengadopsi Drive PX untuk proyek mobil otonomosnya yang bekerja sama dengan sejumlah perusahaan otomotif dari negeri Tirai Bambu itu.

Dari sisi penelitian dan pendidikan, kedua perusahaan akan berupaya melakukan optimasi sitem sumber terbuka (open source) PaddlePaddle dari Baidu. Rencananya, bentuk optimasi itu akan dijalankan dalam kerangka kerja deep learning bagi Nvidia Volta.

Sementara dari sisi konsumen, Baidu akan menyematkan DuerOS untuk TV pintar Nvidia, yakni Shield TV. DuerOS merupakan asisten virtual serupa Siri atau Google Assistant. Sebelumnya DuerOS diumumkan hadir untuk speaker pintar.

Sebagai informasi, Baidu memang dikenal cukup gencar untuk mengembangkan proyek kecerdasan buatan dalam beberapa tahun terakhir. Salah satu fungsi yang sedang dipersiapkan adalah untuk kebutuhan mobil otonomos.

Perusahaan yang kerap disebut sebagai Google versi Tiongkok ini bahkan dilaporkan telah bekerja sama dengan Cherry Automobile, salah satu perusahaan otomotif terbesar di Tiongkok.

Tonton Video Menarik Berikut Ini: 

(Dam/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.