Sukses

Yuk, Uji Kemampuan Bedakan Berita Asli dan Hoax dengan Gim Ini

Liputan6.com, California - Berita bohong atau hoax masih berseliweran di dunia maya. Ibarat virus, berita hoax terus menyebar dengan cepat. Pasalnya, warganet yang tidak tahu kebenaran berita tersebut terus membagikannya.

Jika dibiarkan, keberadaan hoax jelas mengancam masyarakat karena menebar informasi yang tidak benar. Mirisnya lagi, kita belum tentu bisa membedakan jenis informasi mana yang akurat dan yang hoax.

Karena itu, untuk mempermudah, mantan jurnalis Amerika Serikat (AS) bernama Maggie Farley menciptakan gim yang mengajak pemainnya untuk mengidentifikasi berita hoax atau tidak.

Gim bernama Factitious ini memiliki antarmuka seperti aplikasi kencan online Tinder. Cara kerjanya, pemain akan disuguhkan artikel berita.

Setelah membaca artikel tersebut, pemain bisa swipe ke kiri jika menilai artikel itu palsu. Swipe ke kanan jika menurut mereka artikelnya asli. Demikian dilansir Ubergizmo, Jumat (7/7/2017).

Menariknya, mau swipe ke kanan atau kiri, mereka akan tetap mendapatkan feedback berupa salah atau benar, serta sumber dari mana artikel itu diambil (jika benar artikel asli).

Ditujukan untuk Generasi Milenial

Farley punya alasan menarik mengapa ia menciptakan gim ber-genre seperti ini. Menurutnya, generasi milenial dan Z yang kini ada di bangku sekolah dan universitas, harus melek berita. Karenanya, ia menggarap Factitious untuk generasi tersebut.

"Waktu saya mengadakan workshop di American University, ada seorang siswa yang merespon dan mengatakan 'Hey, paman saya harus bermain gim ini juga!'. Jadi saya pikir, gim ini bisa dimainkan semua umur," kata Farley.

Farley, bersama dengan rekannya Bob Hone, menggarap Factitious dengan dukungan dari Knight Foundation. Ia pun ingin mengajak redaksi media, guru dan organisasi untuk bermain gim ini, agar sadar akan ancaman berita hoax di internet.

Factitious memang gim mobile, tapi tidak muncul di App Store dan Google Play Store. Kamu bisa langsung memainkannya dari smartphone via browser atau juga desktop. Untuk memainkannya langsung, kamu bisa ke tautan ini.

(Jek/Cas)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Ini 4 Tips untuk Terkenal di Instagram
Artikel Selanjutnya
Cari Tahu Unfollower di Instagram Kamu dengan Cara Ini