Sukses

5 Prediksi Teknologi Bill Gates yang Kini Jadi Kenyataan

Apa saja prediksi orang terkaya di dunia ini soal teknologi yang saat itu mustahil untuk diwujudkan?

Liputan6.com, Redmond - Pendiri Microsoft Bill Gates pernah menulis buku berjudul Business @ the Speed of Thought pada 1999. Di buku tersebut, orang terkaya di dunia ini menulis 15 prediksi teknologi yang jika dipikir saat itu sangat mustahil untuk menjadi kenyataan.

Nah menariknya, prediksi Gates benar-benar menjadi kenyataan. Apa yang ia tulis dalam prediksinya secara tak langsung menjadi wujud teknologi yang kini digunakan banyak orang.

Markus Kirjonen, salah seorang analis bisnis, tak menyangka prediksi Gates bisa nyaris sama dengan wujud teknologi yang terjadi pada saat ini.

“Saya pikir saat itu ia adalah peramal. Tapi apa yang Gates tulis waktu itu benar-benar khayalan belaka. Saya tak menyangka semuanya benar-benar kejadian,” tulis Kirjonen dalam blog-nya.

Apa saja? Berikut lima di antaranya sebagaimana dilansir Business Insider, Senin (10/7/2017).

1. Smartwatch dan Smartphone

Prediksi: “Orang-orang akan membawa perangkat pintar mobile (kecil) dan akan terhubung dengannya setiap saat. Mereka bisa mengecek berita, informasi apa pun, hingga mengecek tiket pesawat yang dipesan dari perangkat tersebut.”

Apa yang terjadi sekarang: Smartwatch dan smartphone.

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Asisten Virtual dan LinkedIn

2. Asisten Virtual

Prediksi: “Asisten pribadi berbasis digital akan dikembangkan. Mereka akan tersinkronisasi ke perangkat pengguna dalam cara yang luar biasa. Mereka akan bertugas menjadi asisten virtual yang sangat membantu. Mereka bisa membantu mengecek email, memberikan notifikasi, dan memberitahu informasi yang sedang berlangsung, entah itu resep, berita, apa pun. Mereka juga akan membantu membuat jadwal dan merapikan semuanya.”

Apa yang terjadi sekarang: Siri, Google Assistant, Google Home, dan Amazon Echo pun diperkenalkan ke dunia.

3. LinkedIn

Prediksi: “Orang-orang akan menciptakan resume pekerjaan secara online. Mereka bahkan bisa mencari pekerjaan sesuai yang mereka inginkan dalam sebuah platform pencari pekerjaan secara online.”

Apa yang terjadi sekarang: LinkedIn.

3 dari 3 halaman

Reddit dan Facebook

4. Reddit

Prediksi: “Komunitas yang nanti dibentuk online tidak akan dipengaruhi oleh lokasi di mana pengguna tinggal, tapi akan lebih condong dipengaruhi dengan ketertarikan yang dimiliki.”

Apa yang terjadi sekarang: Reddit.

5. Facebook

Prediksi: “Situs berupa media sosial yang menghubungkan ke teman-teman, kerabat, dan sanak saudara. Ini akan menjadi kebutuhan manusia sehari-hari. Wadah situs ini juga akan membantu pengguna untuk berkomunikasi via chat dan menyiapkan jadwal secara khusus.”

Apa yang terjadi sekarang: Facebook.

(Jek/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.