Sukses

Jangan Lakukan 6 Hal Ini di Smartphone Android

Bila ingin smartphone Android kesayangan kamu awet, jangan sekali-kali melakukan 6 (enam) hal ini.

Liputan6.com, Jakarta - Smartphone Android merupakan salah satu perangkat yang digunakan oleh sejumlah kalangan. Sifatnya yang open-source, membuat smartphone ini memiliki banyak keunggulan.

Tak hanya bisa digunakan untuk berkomunikasi melalui aplikasi pesan instan, kamu juga bisa bersenang-senang seperti bermain gim, menonton film secara streaming, dan juga mencari pasangan di aplikasi kencan online.

Bukan itu saja, dengan smartphone Android, kamu bahkan bisa berbelanja melalui aplikasi belanja online, mencari informasi lewat aplikasi berita, juga melakukan aktivitas sehari-hari seperti mengedit foto dan lain sebagainya.

Nah, agar smartphone Android kesayangan kamu awet, jangan sekali-kali melakukan 6 (enam) hal ini. Sebagai perangkat canggih, smartphone Android juga butuh perhatian khusus dari penggunanya.

1. Lupa Mengunci Smartphone

Semakin sering kamu berinteraksi dengan smartphone Android, kian banyak pula data yang tersimpan di dalamnya: mulai dari foto, video, data pekerjaan hingga percakapan penting. Karena itu, amankan semuanya dengan selalu mengunci layar smartphone.

Ada banyak cara mengunci smartphone, bisa menggunakan PIN, password, dan kunci pola. Bahkan saat ini kamu bisa menggunakan sidik jari atau iris scanner.

2. Malas Download Update Software

Saat smartphone Android kamu mendapatkan update, segera download. Karena setiap kali ada update sistem operasi, Google bukan hanya memberikan tampilan baru, tapi juga menambahkan fitur baru dan menambal celah keamanan.

Tonton Video Menarik Berikut Ini

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hal Ini Juga Dilarang

3. Jangan Isi Daya Lewat Colokan USB Komputer

Selalu bawa adapter charger bawaan smartphone ke mana pun kamu pergi. Jangan biasakan mengisi daya smartphone lewat colokan USB komputer, karena hanya akan merusak baterai.

Selain itu, jika kamu sembarangan isi daya di komputer orang, bisa-bisa data kamu ikut pindah.

4. Jangan Lupa Backup

Jika di smartphone kamu banyak data penting, jangan lupa backup. Misalnya backup obrolan di aplikasi pesan instan ke Google Drive, foto ke Google Photos atau backup ke komputer. Kamu tidak tahu kan, kapan smartphone Android kamu rusak atau hilang?

3 dari 3 halaman

Backup Offline Juga Perlu

5. Jangan Semuanya Disimpan Online

Dengan internet super cepat 4G LTE saat ini, semua bisa disimpan online dengan cepat dan mudah. Foto, video hingga dokumen, tapi jangan hanya menyimpannya secara online, selalu buat cadangan secara offline di komputer atau hard disk eksternal.

Mengapa? Kamu tidak pernah tahu sampai kapan layanan online ini akan bertahan. Jika terjadi sesuatu pada layanan online tersebut, apa kabar data-datamu? Sebagai pengingat, hal ini pernah terjadi saat banyak orang menggunakan MegaUpload.

6. Jangan Sembarangan Menginstal Aplikasi

Dengan banyaknya aplikasi di Google Play Store, apa kamu yakin aplikasi-aplikasi itu aman semuanya? Jangan asal menginstal aplikasi di Android, apalagi jika dari luar Google Play Store, bisa-bisa smartphone kamu terancam malware berbahaya.

**Artikel ini merupakan hasil kerja sama Tekno Liputan6.com dengan situs teknologi JalanTikus.com. Untuk informasi mengenai tips dan ulasan teknologi, kunjungi www.jalantikus.com.

(Isk/Cas)

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.