Sukses

Google Doodle Peringati Ultah ke-293 Eva Ekeblad, Siapa Dia?

Liputan6.com, Jakarta - Tepat pada hari ini, Senin (10/7/2017), Google menampilkan ilustrasi sebuah talenan yang di atasnya terdapat beberapa potong kentang dan tepung yang membentuk kata "Google".

Apa maksud ilustrasi Google Doodle tersebut? Hari ini Google memperingati hari ulang tahun Eva Ekeblad, seorang agronom, ilmuwan, dan bangsawan Swedia yang dikenal sebagai penemu tepung dan alkohol dari kentang pada 1746.

Untuk informasi, kentang pertama kali diperkenalkan ke Swedia pada 1658 dan hanya dibudidayakan di rumah kaca milik kalangan aristokrat.

Melihat hal tersebut, Eva pun memutuskan untuk menanam kentangnya sendiri dan mulai melakukan berbagai eksperimen ketika mendengar di Jerman kentang sudah digunakan untuk membuat minuman beralkohol.

Pada 1746, Eva menemukan sayuran langka itu bisa dimasak, dilumatkan, dan dikeringkan untuk menciptakan tepung.

Berkat Eva, kentang pun menjadi makanan pokok orang Swedia. Kentang meningkatkan pasokan gandum, gandum hitam, dan jelai yang tersedia untuk membuat roti. Ini juga mengakibatkan berkurangnya angka kelaparan di Swedia pada saat itu.

Berdasarkan penelitian dan kontribusinya, Eva pun diangkat dan menjadi wanita pertama yang menjadi anggota Akademi Ilmu Pengetahuan Kerajaan Swedia pada 1748.

Tak hanya itu, Eva juga menemukan metode pemutihan tekstil kapas dan benang dengan sabun pada 1751, dan mengganti bahan-bahan berbahaya dalam kosmetik dengan menggunakan bunga kentang.

Ia meninggal dunia pada 1786 di usia ke-61. "Hari ini, kami merayakan kontribusi dan prestasi Eva Ekeblad selama hidupnya. Selamat ulang tahun, Eva," demikian tulis Google untuk Doodle Eva Ekeblad.

(Ysl/Isk)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

 

Artikel Selanjutnya
Amora Ultah Ke-6, Krisdayanti Hanya Siapkan Nasi Tumpeng?
Artikel Selanjutnya
Sheila Marcia Rayakan Ultah Bareng Teman, Di Mana Anak-Anak?