Sukses

23 Buku yang Wajib Kamu Baca Versi Mark Zuckerberg

Berikut daftar 23 judul buku yang wajib kamu baca menurut bos Facebook Mark Zuckerberg.

Liputan6.com, Jakarta - CEO Facebook Mark Zuckerberg dikenal sebagai salah satu orang muda paling sukses di dunia. Bagaimana tidak, Facebook kini telah menjelma menjadi perusahaan dengan dua miliar pengguna aktif bulanan di seluruh dunia.

Namun tahukah kamu, meski dianggap sebagai sosok yang sukses, Zuckerberg ternyata masih terus berkeinginan mempelajari hal baru. Salah satunya melalui resolusinya untuk membaca buku baru setiap dua minggu sekali.

Buku yang dibacanya pun tak sekadar membahas soal teknologi atau manajemen perusahaan, tapi juga filsafat dan tren persoalan global saat ini. Pria yang baru saja menerima gelar honoris causa itu pun membagikan sejumlah judul buku yang harus dibaca.

Lantas, apa saja daftar buku yang menurut Zuckerberg wajib untuk dibaca? Berikut adalah daftar 23 buku yang telah dibaca Zuckerberg seperti dikutip dari Business Insider, Senin (10/7/2017). 

1. The Muqaddimah oleh Ibnu Khaldun

The Muqaddimah yang berarti pembukaan ditulis pada 1377 oleh seorang sejarawan muslim Ibnu Khaldun. Melalui bukunya yang dikenal revolusioner ini, Ibnu Khaldun dikenal sebagai salah satu bapak sosiologi dan historiografi modern.

2. The New Jim Crow oleh Michelle Alexander

Alexander merupakan profesor hukum di Universitas Ohio dan salah satu advokat hak asasi manusia. Dalam buku ini, ia membahas tentang budaya kekerasan yang terjadi pada warga kulit hitam di penjara dan perlakuan sebagai warga kelas dua selepas keluar.

3. Why Nations Fail oleh Daron Acemoglu dan James A. Robinson

Buku yang pertama kali dipublikasikan pada 2012 ini merupakan ikhtisar dari penelitian selama 15 tahun oleh kedua penulis. Melalui buku ini, penulis berpendapat pertumbuhan ekonomi tak selalu menunjukkan kesehatan sebuah negara untuk jangka panjang.

4. The Rational Optimist oleh Matt Ridley

Buku ini merupakan salah satu karya kontroversial Matt Ridley. Ia berpendapat konsep pasar merupakan sumber kemajuan manusia. Kemajuan itu dapat dipercepat dengan menjaga manusia sebebas mungkin.

5. Portofolio of the Poor oleh Darryl Collins, Jonathan Morduch, Stuart Rutherford, dan Orlanda Ruthven

Buku ini merupakan hasil penelitian kelima penulis selama 10 tahun di Bangladesh, India, dan Afrika Selatan. Buku ini mengungkapkan kemiskinan bukan berkembang di masyarakat dengan pendapatan kecil, melainkan saat tak ada akses finansial untuk menyimpan uang mereka.

Tonton Video Menarik Berikut Ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

World Order oleh Henry Kissinger

6. World Order oleh Henry Kissinger

Kissinger, mantan Menteri Dalam Negeri Amerika Serikat, menganalisis cara berbagai bagian dunia memahami konsep kerjaan dan kekuasaan politik selama berabad-abad. Ia juga menganalisis cara ekonomi global modern mengarahkan hal tersebut.

7. The Varieties of Religious Experience oleh William James

Buku ini merupakan kumpulan kuliah tertulis dari James saat menjelajah kesadaran religiusitas manusia, termasuk cara manusia menggunakan agama sebagai sumber makna kehidupan yang membuatnya memiliki tujuan dan energi hidup.

8. Creatitvity oleh Ed Catmull

Buku ini menceritakan perkembangan Pixar hingga menjadi salah satu studio animasi terbaik saat ini. Melalui buku ini, Catmull juga berbagi saran manajemen dan wirausaha. Presiden Pixar Animation itu juga menyebut perusahaan tak seharusnya membatasi kreativitas karyawan.

9. Sapiens oleh Yuval Noah Harari

Pertama kali dipublikasikan pada 2014, buku ini merupakan tulisan dari sejarawan Universitas Yerusalem. Ia menggunakan buku ini untuk melacak perkembangan Homo Sapiens dari sosok pemburu menjadi sosok yang berdaya.

10. The Structure of Scientific Revolutions oleh Thomas S. Kuhn

Buku ini disebut-sebut buku yang paling banyak dikutip. Dalam buku ini, Kuhn memperkenalkan istilah yang dikenal sebagai perubahan paradigma. Maksudnya, paradigma ilmu baru dapat menggantikan paradigma ilmu lama.

Berikut ini adalah daftar lengkap dari 23 buku yang direkomendasikan Zuckerberg:

1. The Muqaddimah oleh Ibnu Khaldun

2. The New Jim Crow oleh Michelle Alexander

3. Why Nations Fail oleh Daron Acemoglu dan James A. Robinson

4. The Rational Optimist oleh Matt Ridley

5. Portofolio of the Poor oleh Darryl Collins, Jonathan Morduch, Stuart Rutherford, dan Orlanda Ruthven

6. World Order oleh Henry Kissinger

7. The Varieties of Religious Experience oleh William James

8. Creatitvity oleh Ed Catmull

9. Sapiens oleh Yuval Noah Harari

10. The Structure of Scientific Revolutions oleh Thomas S. Kuhn

11. Dealing with China oleh Henry M. Paulson Jr. 

12. The Beginning of Infinity oleh David Deutsch

13. The Better Angels of Our Nature oleh Steven Pinker 

14. Genome oleh Matt Ridley

15. The End of Power oleh Moisés Naím

16. On Immunity oleh Eula Biss

17. The Idea Factory oleh Jon Gertner

18. The Three-Body Problem oleh Cixin Liu 

19. Gang Leader for a Day oleh Sudhir Venkatesh

20. The Player of Games oleh Iain M. Banks

21. Orwell’s Revenge oleh Peter Huber

22. Energy: A Beginner’s Guide oleh  Vaclav Smil

23. Rational Ritual oleh Suk-Young Chwe.

(Dam/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.