Sukses

Eiko Ishioka, Perancang Ikonik Jadi Google Doodle Hari Ini

Liputan6.com, Jakarta - Pada Rabu (12/7/2017), Google memajang serangkaian doodle bertemakan fesyen hasil karya rancangan bernama Eiko Ishioka.

Merayakan hari ulang tahun ke-79, Eiko Ishioka dikenal sebagai desainer, art director, dan graphic designer yang memiliki berbagai macam rancangan desain unik.

Lahir dan dibesarkan di Tokyo pada 12 Juli 1938, Ishioka dididik sebagai graphic designer dan kemudian menjadi salah satu art director kenamaan di Jepang.

Ishioka menjadi sorotan lewat sebuah iklan untuk toko serba ada Jepang yang bernama Parco. Di dalam iklan berdurasi 90 detik buatannya, aktris Faye Dunaway tampil mengenakan pakaian hitam dan memakan telur rebus sambil menatap kamera. Huruf P-A-R-C-O pun kemudian muncul di akhir iklan.

Secara bertahap, Ishioka pun mulai melebarkan sayapnya. Lewat hasil karyanya di sebuah poster film yang berjudul "Apocalypse Now", Francis Ford Coppola mengajak Ishioka berkolaborasi dalam film "Bram Stoker's Dracula" pada tahun 1992.

Berkat tangan kreatifnya, ia pun dianugerahi sebuah penghargaan Academy Award untuk kategori desain kostum terbaik.

Ia juga pernah memenangkan penghargaan Grammy untuk desainnya di album Miles Davis yang berjudul "Tutu" pada tahun 1986. Ia juga menerima dua nominasi Tony Award pada tahun 1988 untuk karya desain panggung dan kostum di drama Broadway berjudul "M. Butterfly."

Tak hanya itu, Ishioka juga mendesain seragam beberapa kontingen tim di Olimpiade Musim Dingin 2002, kostum untuk pemain Cirque du Soleil dan logo tim NBA Houston Rockets.

Setahun sebelum kematiannya, Ishioka menikahi Nico Soultanakis, seorang sutradara yang ia kenal sepanjang kehidupan profesionalnya. Keduanya sempat bekerja sama di film The Fall.

(Ysl/Isk)

Artikel Selanjutnya
Top 3 Hari Ini: Ini Harga Fantastis Gaun Raisa
Artikel Selanjutnya
UNIQLO Luncurkan Koleksi UT Musim Dingin 2017