Sukses

Ayu Ting Ting Punya 21 Juta Followers Instagram, Asli Semua?

Ayu Ting Ting termasuk ke dalam daftar 100 orang yang memiliki jumlah follower Instagram terbanyak di Asia. Apakah semuanya asli?

Liputan6.com, Jakarta - Pelantun tembang Sambalado ini dikenal sebagai salah satu selebritas yang paling banyak memiliki follower di Instagram. Menurut data yang kami rangkum dari platform statistik media sosial, SocialBlade, Ayu Ting Ting masuk dalam 100 orang yang memiliki jumlah follower terbanyak.

Ia menduduki peringkat ke-64. Hal ini menjadikan dirinya sebagai sosok yang tak hanya menjadi pemilik akun Instagram dengan jumlah follower terbanyak di Indonesia, tetapi juga di Asia. Meski punya begitu banyak follower, Ayu Ting Ting hanya mengikuti 519 akun Instagram.

Mungkin kamu pernah bertanya-tanya, bagaimana Ayu Ting Ting bisa mengantongi follower hingga 21 juta di Instagram? Apakah akun yang mengikuti Instagram @ayutingting92 semuanya asli?

Untuk mengetahui hal tersebut, Tekno Liputan6.com coba menelusuri data follower Instagram Ayu Ting Ting dengan menggunakan tool FameAudit.

Hasilnya, dari sekitar 21 juta followers @ayutingting92, 11,4 persen di antaranya diduga akun palsu atau bot. Bila dikalkulasikan, akun diduga palsu yang menjadi follower Ayu Ting Ting ada sekitar 2,3 juta akun.

Namun perlu diketahui, algoritma FameAudit juga menganggap akun Instagram sungguhan yang jarang posting, tetapi sering memberikan like dan komentar, sebagai akun palsu atau bot.

Untuk diketahui, FameAudit menetapkan kategorisasi akun Instagram dengan sejumlah tolok ukur. Misalnya, akun Instagram dengan follower palsu di bawah 15 persen sebagian besar adalah influencers.

Selain itu, pengguna Instagram dengan follower kurang dari 1.000 cenderung memiliki follower palsu yang lebih tinggi karena mereka diikuti oleh teman yang tidak terlalu aktif.

Brand atau pengguna dengan jumlah pengikut yang lebih tinggi (lebih dari 1 juta) juga memiliki risiko ini karena tanpa disadari mereka dapat dijadikan sasaran oleh bot. *

(Isk/Why)

Tonton Video Menarik Berikut Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.