Sukses

Fitur Backup Data Komputer ke Google Drive Resmi Meluncur

Setelah sempat mengalami penundaan, fitur Backup and Sync di Google Drive resmi meluncur.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah sempat ditunda perilisannya beberapa waktu lalu, akhirnya fitur backup dan sinkronisasi data di Google Drive resmi meluncur. Sebagaimana diberitakan Digital Trends, Kamis (13/7/2017), fitur ini sudah bisa digunakan melalui aplikasi Backup & Sync.

Dengan demikian, pengguna sudah bisa melakukan backup (pencadangan) dan sinkronisasi data di komputer atau Mac ke Google Drive. Bahkan, menurut pihak Google, layanan ini bisa melakukan backup seluruh data yang ada di dekstop kamu.

Untuk menjajal fitur ini, pilih opsi "Preferences" dan pilih folder yang ingin kamu backup datanya. Kemudian, klik "Choose folder" untuk menambah folder-folder lainnya yang ingin kamu cadangkan datanya.

Kamu juga bisa memilih file spesifik untuk disinkronisasikan kembali dari Google Drive ke komputer, dan aksesnya diubah menjadi offline. Perlu diketahui, data yang ada di Google Drive sudah online.

Untuk menyinkronisasikannya ke komputer kamu, langkahnya tetap sama, pilih opsi "Preferences" di aplikasi Backup and Sync.

Lalu, klik Google Drive dan Sync My Drive ke komputer. Jika tidak ingin menyinkronisasikan semua folder, jangan lupa untuk memilih folder yang diinginkan.

Setelah itu, aplikasi Backup and Sync akan secara otomatis mengunduh seluruh file kamu dari ponsel, memory card, dan media penyimpanan lain. Perlu dicatat, sinkronisasi seluruh data di komputer kamu akan memakan lebih banyak ruang memori.

Artinya, kamu harus membeli kapasitas tambahan untuk memperluas ruang memori karena Google Drive hanya menyediakan kapasitas gratis sebesar 15GB.

(Cas/Why)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.