Sukses

Dituding Plagiat, Pengembang Mobile Legends Angkat Bicara

Cukup banyak rumor tak sedap yang memberitakan Mobile Legends adalah gim plagiat. Gerah dengan kabar ini, apa kata pengembang Moonton?

Liputan6.com, Jakarta - Mobile Legends bisa dibilang adalah salah satu gim mobile paling fenomenal pada pertengahan tahun ini. Meski mengantongi jumlah pemain yang cukup besar, gim MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) ini nyatanya tetap menuai "kecaman" dari sejumlah pihak.

Moonton, selaku pengembang Mobile Legends, dituduh atas tindakan plagiat dari League of Legends, yaitu salah satu gim MOBA yang juga tak kalah populernya. Gerah dengan rentetan tudingan tersebut, pengembang gim mobile yang berbasis di Shanghai, Tiongkok itu pun memberikan klarifikasi.

Moonton, dalam akun Facebooknya mengunggah klarifikasi yang meluruskan soal tudingan yang diberitakan sejumlah media. Mereka mengklaim, Mobile Legends tidak menjiplak gim mobile apa pun. Mereka juga mengaku sudah memiliki hak cipta atas Mobile Legends.

“Mobile Legends adalah gim MOBA yang dikembangkan oleh kami secara independen. Hak cipta gim sudah terdaftar dan dilindungi di beberapa negara seluruh dunia. Moonton tentunya memiliki hal kekayaan intelektual independen,” tulis Moonton yang dikutip Tekno Liputan6.com via Facebook Mobile Legends, Kamis (13/7/2017).

Dilanjutkan Moonton, baik pihak pengembang dan pemain Mobile Legends tak akan dipengaruhi oleh pemberitaan dan rumor yang seolah ingin menjatuhkan Moonton.

Perusahaan bahkan siap memboyong kasus ini ke jalur hukum. Karena rumor tak sedap yang beredar dianggap terlalu kelewatan, pihaknya tak segan akan mengambil langkah tegas untuk membawa siapa pun yang sudah menyebarkan informasi tidak benar.

“Kami berhak untuk melindungi diri, salah satu caranya adalah mengambil tindakan lewat jalur hukum,” tutupnya.

Sebelumnya, kasus dugaan Mobile Legends yang melakukan plagiat dari League of Legends sudah beredar sejak Riot, pengembang League of Legends, mengajukan tuntutan untuk Moonton. Menurut Riot, Moonton menjiplak League of Legends tanpa meminta izin terlebih dahulu.

Tak cuma Mobile Legends, tuntutan untuk Moonton pun juga diajukan ke tiga gim lain. Adapun di antaranya Magic Rush: Heroes, Mobile Legends: 5v5 MOBA, dan Mobile Legends: Bang Bang. *

(Jek/Ysl)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.