Sukses

iPhone 8 Punya Laser 3D untuk AR dan Kamera?

Liputan6.com, Jakarta - Kabar burung tentang iPhone tak pernah berhenti muncul. Kali ini, Apple dilaporkan sedang menyiapkan iPhone yang akan memiliki laser 3D.

Seperti dilansir Softpedia, Jumat (14/7/2017), fitur laser 3D akan berada di kamera belakang untuk meningkatkan kualitas autofocus kamera dan Augmented Reality (AR). Kehadiran laser 3D ini juga merupakan salah satu upaya Apple untuk meningkatkan kualitas iPhone agar lebih sesuai untuk pengalaman AR.

Ketertarikan Apple terhadap AR sudah terlihat sejak beberapa waktu lalu, termasuk saat memamerkan kit pengembangan AR, ARKit, di WWDC 2017.

Kehadiran ARKit menunjukkan kemungkinan Apple sedang menyiapkan berbagai komponen AR untuk iPhone. Laporan tentang laser 3D pun semakin memperjelas ketertarikan Apple tersebut.

Menurut sejumlah sumber, iPhone 8 kemungkinan menggunakan sistem Vertical-Cavity Surface-Emitting Laser (VCSEL), yang diintegrasikan ke kamera belakang. Sehingga pendeteksian pendalaman akan menjadi lebih baik untuk berbagai aplikasi AR.

Sistem ini sekaligus membuat autofocus kamera semakin baik. Laser VCSEL atau disebut juga sebagai laser 3D ini, terdiri dari prosesor, sensor dan sejumlah lensa.

"Sistem laser VSCEL mungkin ditujukan untuk perayaan ulang tahun ke-10 iPhone. Mungkin sensor itu akan ada pada iPhone tersebut (iPhone 8), atau iPhone pada 2018, tergantung perkembangan engineer mengintegrasikannya ke ponsel," kata seorang sumber.

Menurut sumber, sistem laser VSCEL yang rencananya akan diintegrasikan ke iPhone 8, hanya akan menghabiskan biaya US$ 3 per perangkat.

(Din/Cas)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Rencana Pembunuhan Ahok Terendus Lewat Telegram
Artikel Selanjutnya
Wanita Ini Tertangkap Selundupkan 102 iPhone di Badan