Sukses

Popularitas Alexa Meroket, Apple Siri Kehilangan Jutaan Pengguna

Pengguna asisten virtual milik Amazon, Alexa, meningkat, sedangkan Apple Siri justru kehilangan jutaan pengguna.

Liputan6.com, Jakarta - Popularitas Siri sebagai asisten virtual terus menanjak di dunia. Namun, siapa sangka asisten virtual milik Apple ini justru dilaporkan telah kehilangan jutaan pengguna selama beberapa tahun terakhir.

Data Verto Analytics mencatat bahwa pada periode Mei 2016 hingga Mei 2-17, Siri telah kehilangan 7,3 juta pengguna bulanan menjadi 41,4 juta pengguna, dari tahun sebelumnya yang sempat mencapai 48,7 juta pengguna.

Rupanya, menurut data tersebut, Siri kehilangan pengguna karena kurangnya keterikatan (engagement) antara pengguna dan asisten virtual.

Sementara, asisten vitual Amazon, Alexa, justru menuai popularitas tinggi dari hanya 800 ribu pengguna pada Mei 2016 menjadi 2,6 juta pada tahun ini. Menurut riset Verto, interaksi pengguna dengan Alexa kini lebih konsisten ketimbang tahun lalu.

Selama beberapa tahun terakhir, Apple telah berupaya untuk mengumpulkan pengguna Siri dengan iPhone, yang disusul Mac dan iPad. Tak heran, Siri masih memimpin layanan asisten virtual.

Sayangnya, Apple lupa bahwa smart speaker kini mulai menuai popularitas. Hal ini dimanfaatkan Amazon untuk meluncurkan asisten virtual pada smart speaker Amazon Echo. Tak disangka, produk ini mendapat respons positif di pasaran. Rivalnya, Google, juga melakukan hal serupa dengan memunculkan produk Google Home.

"Mungkin ini alasan mengapa pengguna Apple tak lagi menggunakan Siri selama setahun terakhir. Menggunakan asisten virtual di rumah lebih bermanfaat ketimbang sekadar ngobrol (dengan Siri) di perjalanan," ungkap riset tersebut, seperti dikutip Wareable, Jumat (13/7/2017).

Apple pun tak tinggal diam. Demi menandingi Amazon dan Google, raksasa teknologi ini akan segera memulai debut Apple HomePod dalam waktu dekat.

(Cas/Why)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.