Sukses

Robot Keamanan Jatuh ke Kolam, Bukti Tak Lebih Baik dari Manusia?

Menurut laporan, robot ini tiba-tiba ditemukan jatuh ke kolam di dalam kompleks tempatnya bertugas

Liputan6.com, Jakarta - Banyak analis memprediksi, dalam beberapa tahun mendatang akan banyak pekerjaan manusia yang digantikan oleh robot. Alasannya, robot memiliki kemampuan lebih baik ketimbang manusia dalam banyak hal.

Namun, sebuah peristiwa yang baru-baru ini terjadi di Amerika Serikat ternyata sedikit menepis anggapan tersebut. Sebab, robot keamanan bernama Knightscope K5 ditemukan terjatuh di sebuah kolam dalam mal tempatnya bertugas.

Tak ada informasi pasti penyebab robot tersebut jatuh ke dalam kolam, tapi sebagian warganet Amerika Serikat menganggap peristiwa itu sebagai bukti robot tak lebih baik dari manusia.

Bahkan, tak sedikit pula warganet AS menyebut hal itu terjadi karena sang robot bosan dengan pekerjaannya. Di sisi lain, tak tertutup kemungkinan ada malfungsi pada robot keamanan tersebut. 

Dikutip dari The Verge, Rabu (19/7/2017), sebenarnya ini bukan kali pertama kasus menimpa robot K5. Sebelumnya, robot keamanan itu juga diserang oleh seorang hardware engineer bernama Jason Sylvain.

Ketika itu, menurut pihak kepolisian Mountain View, Califonia, Sylvain menemukan seorang karyawan dalam keadaan mabuk sedang menyiksa K5. Si robot sendiri sedang diketahui tengah mengerjakan tugas sebagai petugas penjaga keamanan di lapangan parkir kantor.

Peristiwa itu diketahui setelah alarm pada robot berbunyi dan diketahui oleh salah seorang karyawan Knightscope, pembesut K5. Untungnya, robot tersebut hanya mengalami sedikit goresan.

Sebagai informasi, K5 merupakan robot keamanan yang dikembangkan oleh Knightscope. Memiliki tinggi 1,5 meter dan berat 136 kg, robot ini bertugas untuk memantau keamanan kampus, mal, termasuk perusahaan, dan akan memanggil pihak keamanan jika menemukan hal mencurigakan.

(Dam/Ysl)

Tonton Video Menarik Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.