Sukses

Gunakan AI, Google Buat Foto Menakjubkan dari Street View

Google menggunakan AI untuk mengambil gambar dari Street View, kemudian mengubahnya menjadi foto.

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini Google melakukan sebuah eksperimen menggunakan kecerdasan buatan atau yang disebut sebagai Artificial Intelligence (AI).

Raksasa teknologi itu menggunakan AI untuk mengambil gambar dari Street View, kemudian mengubahnya menjadi foto. Foto yang dihasilkan setara dengan foto profesional. Bedanya, foto ini tidak menggunakan sentuhan manusia.

Meski begitu, diperlukan tenaga manusia untuk mengatur dan melatih pemrograman. Serangkaian informasi seperti efek cahaya dan kecerahan harus diatur terlebih dahulu.

Ahli perangkat lunak Google Machine Perception, Hui Fang dan timnya menggunakan cara lain untuk melatih AI. Dengan metode yang lebih cepat dan efisien, mereka bisa membuat AI mengidentifikasi elemen fotografi yang superior. Diwartakan The Verge, Rabu (19/7/2017), hal ini tergolong baru dan menjanjikan.

Hui menambahkan, proyek ini menggunakan mesin untuk memindai ribuan gambar Street View di California, Amerika Serikat dan menghasilkan foto pemandangan yang mengesankan.

Setelah memindai, mesin itu akan meniru alur kerja seorang fotografer profesional untuk membuat satu pemandangan semakin indah dilihat. Hal ini menunjukkan bahwa AI bisa dilatih.

AI tidak hanya bisa melakukan pekerjaan biner, seperti pemrograman benar atau salah. Lebih jauh lagi, AI bisa membantu pekerjaan manusia, seperti yang sudah dilakukan Google.

“Satu hari nanti teknik ini bisa membantu kamu mengambil gambar dengan lebih baik di dunia nyata,” tutup Hui.

(Theofilus Ifan Sucipto/Isk)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.