Sukses

Sharp Targetkan Jual 1.000 Panci Elektrik Healsio Per Bulan

Sharp merilis panci elektrik pintar yang memudahkan proses memasak, perusahaan menargetkan panci ini terjual 1.000 unit per bulannya.

Liputan6.com, Jakarta - Sharp baru saja merilis panci elektrik Healsio Automatic Cookware di Indonesia. Produk ini dijual Rp 7 jutaan dan tersedia secara eksklusif di BEST Denki.

Produk ini berada di lini small home appliances (SHA) dan menyasar kaum urban di kelas menengah dan atas yang cenderung sibuk di luar rumah, ingin memasak dengan proses instan, tapi tetap memedulikan hidup sehat.

Sharp mengklaim, produk ini berbeda dengan preassure cooker alias panci presto lain yang ada di pasaran. Kendati demikian, perusahaan Jepang yang terkenal dengan produk rumah tangga ini tidak mau muluk-muluk dalam menargetkan penjualan Healsio.

Diungkapkan oleh General Manager PT Sharp Electronics Indonesia Andry Adi Utomo, Sharp menargetkan Healsio terjual 1.000 unit per bulan.

"Target kami 1.000 unit per bulan. Produk ini cukup baru di Indonesia, sementara di Jepang produk ini sangat sukses, karena orang Jepang waktunya terbatas, ingin makan enak tetapi tetap sehat. Jadi di sana bisa (terjual) 10-20 ribu per bulan," kata Andry ditemui wartawan usai peluncuran Healsio Automatic Cookware di Jakarta, Rabu (19/7/2017).

Ia mengungkap alasan Sharp mematok target tersebut. Menurutnya, harga dan target market produk ini lebih spesifik. Oleh karena itu, produk ini memerlukan strategi pemasaran yang berbeda agar tepat sasaran.

"SHA itu barangnya mahal, makanya orang kalau beli barang elektronik pasti yang pertama dibeli TV, kulkas, mesin cuci. Kapan beli SHA-nya? Tidak ada, kecuali sudah terbeli semuanya baru mempertimbangkan SHA. Makanya kami menyasar segmen menengah ke atas," kata Andry memberi penjelasan.

Meski begitu, kehadiran produk ini dipercaya bisa meningkatkan market share SHA Sharp di Indonesia.

"Sekarang (market share) SHA di bawah 10 persen, mungkin 5-6 persen. Produk SHA cukup menjanjikan meskipun market share masih kecil. Dengan produk baru ini, diharapkan SHA bisa tumbuh tiga kali lipat atau sekitar 15 persen pada tahun ini," tutur Andry.

Sementara itu, market share untuk produk home appliances sudah cukup tinggi, yakni 25-30 persen dengan produk unggulan seperti televisi, AC, LCD TV, serta lemari es.

Dia juga mengungkap, perusahaan sedang mempertimbangkan untuk mengembangkan produk serupa dengan Healsio dengan ukuran lebih kecil dan harga yang lebih terjangkau. 

(Tin/Ysl)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.