Sukses

Top 3: Rencana Pembunuhan Ahok Terendus di Telegram Bikin Heboh

Rencana pembunuhan Ahok terendus di Telegram hingga WhatsApp diblokir di Tiongkok menyedot perhatian pembaca Tekno Liputan6.com.

Liputan6.com, Jakarta - Rencana pembunuhan Ahok terendus di Telegram hingga WhatsApp diblokir di Tiongkok menyedot perhatian pembaca Tekno Liputan6.com.

Berita terhangat lainnya datang dari wafatnya mantan kekasih selebgram Karin Novilda atau populer disapa Awkarin. Selengkapnya, simak tiga berita terpopuler pada Kamis (20/7/2017) berikut ini:

1. Rencana Pembunuhan Ahok Terendus Lewat Telegram

Jelang akhir pekan lalu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) secara resmi melakukan pemblokiran situs web Telegram di Indonesia karena terkait konten radikalisme dan terorisme.

Menurut data yang sudah didapat, sejak 2015 hingga 2017 teroris sudah menggunakan Telegram sebagai sarana untuk berkomunikasi.

(kedua kanan) Semuel A Pangerapan, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kemkominfo saat memberi keterangan pers terkait pemblokiran Telegram di Kantor Kemkominfo, Jakarta, Senin (16/7/2017). (Liputan6.com/Corry Anestia)

"Data kasus terorisme yang terjadi sejak 2015-2017, seluruh pelaku menggunakan Telegram untuk berkomunikasi. Hanya dua kasus yang tidak (pakai Telegram)," ujar Dirjen Aplikasi Informatika Kemkominfo, Semuel A Pangerapan, di kantor Kemkominfo, di Jakarta, Senin (17/7/2017) malam.

Selanjutnya baca di sini

2. Curhatan Awkarin Mengenang Sang Mantan di Instagram

Warganet digemparkan dengan kabar duka yang berasal dari selebritas Instagram, Awkarin. Mantan kekasih wanita bernama asli Karin Novilda itu baru saja meninggal dunia.

Oka Mahendra Putra, yang juga CEO Takis Entertainment tempat Awkarin bernaung sebelumnya, dilaporkan meninggal dunia kemarin, 18 Juli 2017. Kabar duka tersebut awalnya diketahui dari informasi yang sempat beredar di media sosial.

Melalui unggahan di akun Instagram-nya, Awkarin juga mengonfirmasi hal tersebut. Wanita berumur 18 tahun ini mengunggah foto saat keduanya masih bersama. 

Selanjutnya baca di sini

3. Facebook 'Gigit Jari', WhatsApp Diblokir di Tiongkok

Layanan pesan singkat milik Facebook, WhatsApp, kian menambah daftar aplikasi yang diblokir oleh Pemerintah Tiongkok. Pemblokiran ini disebut sebagai upaya pemerintah memperketat pengawasan di internet.

Dilansir New York Times, Rabu (19/7/2017), Pemerintah Tiongkok memblokir sejumlah fungsi WhatsApp sejak Selasa (18/7/2017). Pengguna kini tidak lagi bisa mengirim video dan foto. Bahkan ada beberapa yang mengaku tidak bisa mengirim pesan teks.

Ilustrasi WhatsApp. (Doc: Arstechnica)

WhatsApp dinilai sebagai layanan digital besar yang bertentangan dengan sistem kontrol dan filter internet Pemerintah Tiongkok, Great Firewall. Dalam beberapa pekan terakhir, pemerintah setempat tampak memperkuat kontrol internet, termasuk dengan mulai memberlakukan regulasi keamanan siber baru pada bulan lalu. Selain itu, Partai Komunis Tiongkok juga menegur perusahaan internet Tencent perihal salah satu gim yang dinilai terlalu adiktif.

Selanjutnya baca di sini

(Cas)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.