Sukses

Pendiri Apple: iPhone Memang Mahal, tapi Harganya Masuk Akal

Steve Wozniak, pendiri Apple, berpendapat bahwa harga iPhone masih masuk akal, meski tergolong tinggi. Apa alasannya?

Liputan6.com, Cupertino - iPhone adalah smartphone yang selalu dibanderol dengan harga tinggi. Ambil contoh, harga paling murah untuk iPhone 5 varian 32GB saja bisa dipatok di atas Rp 2 jutaan.

Memang, setiap kali iPhone terbaru dirilis, harganya pasti selalu di atas Rp 10 jutaan. Padahal, nominal setinggi itu bisa untuk membeli dua jenis flagship smartphone Android besutan Tiongkok, yang dilego setengah dari harga iPhone terbaru.

Bagaimanapun, Apple tetap konsisten membanderol setiap iPhone terbarunya dengan harga yang tinggi. Fakta tersebut senada dengan pernyataan yang disampaikan pendiri Apple Steve Wozniak belum lama ini.

Menurutnya, harga iPhone memang mahal. Akan tetapi, harga tersebut masih tergolong wajar, mengingat Apple benar-benar memperhatikan kualitas perakitan pada iPhone.

Dikutip South China Morning Post, Jumat (21/7/2017), Wozniak berpendapat jika ia benar-benar menyukai smartphone besutan vendor asal Tiongkok.

Alasannya, para vendor asal Negeri Tirai Bambu memiliki keputusan yang dinilai cerdas untuk membanderol harga dengan miring, tetapi tetap mengedepankan fungsionalitas dari smartphone tersebut.

"Saya tidak percaya kuantitas karena saya orangnya lebih fokus pada kualitas. Apple mungkin tidak seperti mereka (vendor smartphone asal Tiongkok), lantas mereka (Apple) tetap mengutamakan kualitas. Karena itu, harga sebanding dengan kualitas dan fitur yang ditawarkan," kata pria yang akrab disapa Woz ini.

Walau "setuju" dengan konsistensi Apple membanderol harga iPhone cukup tinggi, Woz nyatanya dikenal cukup kritis dengan produk terbaru Apple.

Apple Watch, contohnya. Menurut dia, gagasan Apple menciptakan smartwatch itu bukanlah ide yang baik. Bahkan, secara mengejutkan, ia mengatakan itu merupakan salah satu bentuk kegagalan CEO Apple Tim Cook.

Seperti dilansir dari Trusted Reviews, Woz mengungkapkan unek-uneknya soal Apple Watch pada AMA Session yang diadakan di situs Reddit. Salah seorang pengguna menanyakan, "Menurut Anda, ide Tim Cook mana yang dinilai gagal hingga saat ini?".

"Menurut saya, kegagalannya (Cook) yang sampai saat ini sudah terlanjur terjadi adalah Apple Watch. Meski saya menggunakannya dan begitu suka, Apple Watch kini dipandang bukan sebagai perangkat teknologi, melainkan semata-mata hanya menjadi perhiasan mewah yang harganya dijual selangit," pungkas Woz.

(Jek/Cas)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.