Sukses

Seram, Nomor Telepon Lawas Bisa Dipakai untuk Retas Akun Facebook

Rupanya, nomor telepon lawas bisa digunakan sebagai alat untuk meretas akun Facebook seseorang. Apa yang harus dilakukan?

Liputan6.com, Jakarta - Seorang programmer berhasil mengungkap bahwa siapa pun bisa dengan mudah meretas akun Facebook kamu. Programmer bernama James Martindale menyebut, si peretas hanya butuh satu hal, yakni nomor ponsel lawas milik pengguna.

Sebagaimana Tekno Liputan6.com kutip dari The Independent, Jumat (21/7/2017), hal ini bisa dilakukan lantaran saat seorang pengguna lupa password Facebook. Sistem recovery Facebook akan mengirimkan kode unik ke nomor telepon pengguna.

Dengan begitu, pengguna yang lupa password bisa mendapatkan kembali akses ke akun Facebook mereka.

Sayangnya, jika seorang hacker memutuskan untuk membeli nomor telepon lawas, mereka bisa menggunakannya untuk mendapatkan akses ke akun Facebook yang terhubung dengan nomor telepon lawas tersebut.

Namun jangan khawatir, hal ini hanya mungkin terjadi jika nomor telepon terhubung ke akun Facebook seorang pengguna. 

Dalam unggahan di blog Medium-nya, Martindale menulis, Facebook memang sering mengingatkan pengguna agar menghubungkan akun Facebook ke nomor ponsel.

Namun, jejaring sosial besutan Mark Zuckerberg cs itu tak pernah mengingatkan pengguna untuk terus memperbarui sistem informasi kontak mereka. Misalnya, jika pengguna ganti nomor telepon, mereka juga harus memperbaruinya di Facebook.

Untuk membuktikan betapa mudahnya pengambilalihan akun, Martindale mencoba hal ini. Ia pun sukses mengambil alih beberapa akun milik pengguna Facebook.

 

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perbarui Informasi Kontak

Ia melakukannya dengan membeli sebuah nomor baru, saat memasukkan kartu SIM ke smartphone, ia menerima SMS dari Facebook berisi kode unik Facebook meskipun dirinya belum mendaftarkan nomor telepon itu ke akun Facebook-nya.

"Saya penasaran. Saya tahu, Facebook memungkinkan orang menemukan akun pengguna dengan nomor telepon. Jadi, saya mengetikkan nomor itu ke dalam kotak pencarian dan melihat akun siapa yang muncul," tulis Martindale.

Dia kemudian mengetikkan password secara random, sehingga Facebook akan mengirimkan kode unik untuk mengakses akun Facebook tersebut ke nomor telepon yang dibeli Martindale. Selanjutnya, dia bisa log in ke akun Facebook si pemilik lama nomor telepon itu.

Menurutnya, metode ini bisa digunakan untuk penipuan demi mendapatkan banyak uang. Pun demikian, akun pengguna juga bisa dijual di pasar gelap.

Untuk itu, saat berganti nomor telepon jangan lupa selalu memperbarui informasi kontak (nomor telepon) yang terhubung ke akun Facebook kamu ya.

(Tin/Isk)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.