Sukses

Begini Cara Setop Facebook Pantau Lokasi Kamu

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa waktu lalu Snapchat memperkenalkan fitur Snap Map. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melihat lokasi seorang teman pada peta.

Facebook rupanya sudah lebih dahulu memiliki fitur ini sejak 2014. Di Facebook, fitur yang bisa melacak lokasi pengguna ini bernama Nearby Friends. Cara kerjanya sama dengan Snap Map, yakni mendeteksi lokasi pengguna.

Aplikasi jejaring sosial besutan Mark Zuckerberg ini akan menunjukkan lokasi pasti teman Facebook berada di sekitar kamu. Lantas, bagaimana cara menghentikan Facebook memantau lokasi kamu?

Mengutip laman Time, Jumat (21/7/2017), caranya cukup mudah. Kamu hanya perlu membuka aplikasi Facebook pada smartphone Android atau iPhone.

Selanjutnya, buka tombol Menu pada di bagian kanan layar dan seluruh menu dan pengaturan pun akan muncul. Kamu tinggal tap Explore kemudian pilih menu Nearby Friends.

Kemungkinan fitur ini tak diaktifkan, jika sedari awal kamu tak pernah memberi izin aplikasi untuk mengaktifkannya. Namun kalau ternyata fitur ini aktif, kamu bisa melihat lokasi teman-teman Facebook kamu secara akurat.

Untuk menonaktifkannya, kamu bisa masuk ke menu Nearby Friends, lalu lihat tombol Setting (berbentuk baut) dan pilih opsi untuk menonaktifkan.

Namun kalau kamu ingin membuat fitur lokasi ini aktif hanya untuk beberapa teman dan keluarga, kamu bisa memilih pilihan "Friends" dan mengatur siapa saja yang bisa melihat lokasi kamu. Perlu diketahui juga, kalau kamu mengaktifkan fitur ini, baterai smartphone akan lebih boros daripada biasanya.

(Tin/Why)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Gadget Canggih Bikin Lari Pagi Makin Semangat, Kok Bisa?
Artikel Selanjutnya
Cara Jitu Bikin Foto Bokeh Maksimal di Smartphone