Sukses

Google Rayakan Ultah ke-106 Marshall McLuhan Hari Ini, Siapa dia?

Liputan6.com, Jakarta - Hari ini Jumat (21/7/2017), laman utama pencarian Google dihiasi animasi doodle kotak warna-warni berbagai ilustrasi menarik dengan wajah seseorang bernama Marshall McLuhan.

Siapa Marshall McLuhan? Dikutip dari laman Google Doodle, pria bernama lengkap Herbert Marshall McLuhan ini terkenal karena memprediksi kelahiran internet, 35 tahun sebelum teknologi ini muncul pertama kalinya.

Memperingati hari ulang tahunnya ke-106, Google menghormati filsuf dan tokoh intelektual ini lewat Google Doodle.

Lahir di Kanada pada tahun 1911, McLuhan mengenyam pendidikan di University of Manitoba dan University of Cambridge sebelum akhirnya menjadi dosen di University of Toronto. Ia menjadi sorotan pada tahun 1960 berkat karyanya sebagai ahli teori media dan menciptakan sebuah istilah "global village", yang merupakan cetak biru internet saat ini.

Ia berteori, sejarah manusia dapat dibagi menjadi empat era: akustik, sastra, cetak, dan elektronik. Ia menjelaskan secara gamblang era tersebut ke dalam buku berjudul The Gutenberg Galaxy pada tahun 1962.

Lebih lanjut ia meramalkan dunia akan memasuki era keempat, yakni era elektronik, yang ditandai sebuah komunitas yang disatukan teknologi. Di era tersebut, setiap orang akan memiliki akses ke berbagai informasi, seperti internet saat ini.

Kemudian ia pun memperluas cakupan teorinya dalam sebuah buku berjudul Understanding Media. Di buku ini ia memperlihatkan bagaimana di era elektronik, metode komunikasi merupakan hal terpenting ketimbang informasi itu sendiri.

Melalui teori yang dianggap kontroversi tersebut, McLuhan berhasil memberikan pengaruh besar kepada tokoh-tokoh besar dunia, seperti filsuf Prancis Jean Baudrillard, Pierre Elliott Trudeau (ayah Perdana Menteri Kanada) hingga seniman kenamaan Andy Warhol.

(Ysl/Why)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Cucu Pertama Ovy /rif Lahir di HUT ke-72 RI
Artikel Selanjutnya
Rayakan Ultah Bareng HUT RI, Cinta Laura Lakukan Ini di Amerika