Sukses

5 Tips Memotret di Malam Hari dengan Android

Liputan6.com, Jakarta - Memotret pemandangan atau objek di malam hari dengan smartphone Android bukanlah perkara mudah. Tak jarang, hasil foto yang didapatkan tidak maksimal karena kurangnya pencahayaan atau spesifikasi kamera tidak mendukung. 

Untuk menyiasati hal itu, terkadang mereka mengggunakan flash sebagai solusi mengatasi pencahayaan yang kurang baik.

Padahal penggunaan flash juga belum tentu menjadi solusi terbaik. Malah penggunaan flash yang tidak tepat akan membuat hasil foto tidak memuaskan. 

Nah, kali ini tim Tekno Liputan6.com akan mengulas lima tips memotret di malam hari dengan smartphone Android, seperti dilansir dari Make Tech Easier, Sabtu (22/7/2017) berikut ini: 

1. Modus HDR

Anda dapat mengaktifkan modus High Dynamic Range (HDR). Modus ini menggabungkan tiga exposure sehingga sudut paling terang dan gelap bisa terlihat jelas. Kamu bisa menentukan jarak dan angle terbaik agar hasilnya tidak terlalu gelap.

Untuk mengaktifkannya, kamu tinggal tekan opsi "Mode", lalu klik "HDR". Di sebagian smartphone Android, modus HDR langsung tampil saat membuka kamera. Sayangnya, ukuran file foto HDR relatif lebih besar dibanding ukuran file foto biasa.

2. Self-Timer

Menggunakan self-timer saat malam atau bahkan siang hari merupakan ide yang bagus. Tidak hanya membantu menentukan angle terbaik, tapi juga dapat menghindari hasil foto yang blur.

Lebih baik Anda menggunakan waktu mundur 5 atau 10 detik. Waktu ini dinilai paling cocok untuk mencari posisi tanpa membuat Anda menunggu terlalu lama.

3. Modus Pro

Ketika menekan opsi "Mode" di kamera, kamu akan menemukan opsi "Pro". Di modus ini kamu bisa mengatur pencahayaan secara manual. Kalau kamu mengerti konsep dasar fotografi, pakailah modus ini untuk menghasilkan foto lebih baik saat malam hari.

4. Tingkatkan ISO

ISO adalah tingkat sensitivitas sensor kamera terhadap cahaya. Semakin tinggi ISO, semakin cerah pula hasil fotonya. Begitu juga sebaliknya. Jika smartphone memungkinkan untuk mengatur ISO, kamu bisa mengaturnya ke angka 400 untuk mendapat gambar yang lebih cerah tanpa bantuan flash.

Tapi jangan lupa, jika terlalu sedikit cahaya di sekitar objek, hasilnya foto terlihat berbintik dan pecah. Sebaliknya, jika terlalu banyak cahaya, hasilnya akan over-exposure.

Jika kamu sudah menaikkan ISO tapi masih terlihat buram, bisa jadi kamu masih mengaktifkan modus "Anti-Shake" dan HDR. Matikan kedua fitur ini dan foto akan terlihat normal.

5. Gunakan Cahaya di Sekitar

Jika kamu kesulitan mengambil foto saat malam, gunakan sumber cahaya yang ada seperti lampu jalan, lampu mobil, sepeda, atau apapun yang memungkinkan gambarmu terkena cahaya.

(Theofilus Ifan Sucipto/Cas)

Artikel Selanjutnya
Top 3: Deretan Smartphone Tangguh dan Tahan Banting Paling Diburu
Artikel Selanjutnya
6 Tips Makeup Saat Anda Kurang Tidur