Sukses

Apa Kabar Smartphone Modular Besutan Facebook?

Liputan6.com, Menlo Park - Sejak November 2016, Facebook dikabarkan tengah mengembangkan perangkat modular berupa smartphone. Lalu, apa kabar proyek yang diam-diam dikembangkan ini?

Informasi terbaru mengungkap, Facebook baru saja menetapkan paten baru smartphone modularnya dan dipublikasikan belum lama ini.

Menurut yang dilansir Business Insider, Minggu (23/7/2017), paten tersebut mengungkap jenis smartphone modular yang diusung berupa "perangkat electromechanical". Tak cuma sekadar smartphone, perangkat itu bisa diutak-atik menjadi speaker, mikrofon, hingga GPS.

Menariknya, proyek pengembangan smartphone modular juga turut digawangi oleh para karyawan eks Google Project Ara. Mereka diketahui bertanggung jawab menetapkan paten smartphone tersebut.

Ada tiga karyawan eks Google Project Ara yang bergabung dengan Building 8, divisi Facebook yang bekerja untuk smartphone modularnya. Ketiganya dulu merupakan petinggi Google, yakni Rafa Camargo, Richard Wooldridge, dan Blaise Bertrand.

Selain mereka, raksasa medsos yang bermarkas di Menlo Park, California itu juga merekrut sejumlah orang yang punya pengalaman di perusahaan teknologi seperti Motorola, Tesla, Apple, hingga Amazon.

Meski tak ada yang tahu detail dari proyek smartphone modular yang digarap Building 8, berdasarkan pengalaman staf yang direkrut, ada dua hal yang jadi indikasi. Apapun itu, tampaknya Facebook tengah mempersiapkan sebuah hardware yang akan jadi titik balik perusahaan.

Terkait dengan hardware, sebelumnya di 2013 Facebook berkolaborasi dengan HTC menciptakan Facebook Phone. Kemudian, pada 2014 perusahaan membesut VR headset, Oculus.

Sebelumnya, CEO Facebook Mark Zuckerberg pada April 2016 sempat menyinggung, Building 8 bisa saja membesut perangkat augmented dan virtual reality, kecerdasan buatan, konektivitas, dan lain-lain.

Meski begitu, jika dilihat dari deskripsi pekerjaan serta pengalaman pada masing-masing staf yang direkrut menunjukkan mereka punya pengalaman kerja di bidang smartphone Android.  Hingga berita ini naik, Facebook tak kunjung memberikan konfirmasi terkait dengan Building 8 dan proyek modular yang digarapnya. 

(Jek/Cas)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Huawei Rilis Teaser Tanggal Pengumuman Mate 10
Artikel Selanjutnya
Android Oreo Bakal Sambangi 3 Smartphone HTC