Sukses

Yuk, Intip Stasiun Luar Angkasa Internasional via Google Maps

Liputan6.com, California - Stasiun Luar Angkasa Internasional (International Space Station, ISS) memang terbatas bagi pengunjung bebas. Walau demikian, bukan berarti masyarakat umum tidak bisa merasakan seperti apa pengalaman di dalam bangunan raksasa yang melayang-layang ratusan kilometer di atas Bumi ini.

Alternatifnya, Google menawarkan pengguna internet untuk bisa ‘menelusuri’ bagian dalam ISS lewat Google Maps secara spesifik via fitur Google Street View.

Menurut yang dilansir The Verge, Minggu (23/7/2017), layaknya fitur Google Street View yang ada di Bumi, Google pun menambahkan foto-foto interior dan bangunan ISS ke dalam Google Maps.

Jadi, pengguna bisa langsung merasakan berjalan-jalan di dalam ISS dengan format panorama 360 derajat--menggerakan kursor--untuk menyaksikan semua sudut ISS secara lebih detail.

Tak cuma itu, tur virtual ini pun mengambil foto-foto, seperti ruangan ISS di mana para astronot tinggal, serta interior dari pesawat luar angkasa komersil ATK Cygnus dan SpaceX Dragon.

ISS sendiri terdiri dari 15 modul dengan fungsi berbeda, mulai ruangan khusus untuk tidur hingga cupola yang bertugas untuk mengobservasi Bumi.

Nah, bedanya dengan Google Street View Bumi yang foto-fotonya diambil dengan mobil khusus, foto-foto ISS diambil dengan fotografer astronot Thomas Pesquet, yang juga mengabdi kepada European Space Agency (ESA). Ia tinggal di ISS pada periode Januari-Juni 2017.

Pesquet mengaku cuma menjepret foto-foto ISS dengan kamera DSLR. Ia mengirimkannya ke Google agar diubah ke format panorama 360 derajat untuk Street View.

ISS menjadi tempat pertama di luar Bumi yang bisa dijelajahi via Google Street View. Jika kamu penasaran seperti apa rasanya menjelajahi Stasiun Luar Angkasa Internasional tersebut bisa beranjak ke tautan berikut.

(Jek/Isk)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Fitur Baru Google Maps Mudahkan Pengguna Cari Lokasi Parkir
Artikel Selanjutnya
Video: Menjelajah Kota New York dengan Samsung Galaxy Note 8