Sukses

NASA: Suara Drone Sangat Mengganggu

Menurut riset yang dilakukan NASA terhadap 38 subjek kendaraan tanpa awak, drone menjadi kendaraan dengan suara paling mengganggu.

Liputan6.com, Jakarta - Jika Anda akrab dengan drone, pasti Anda tahu seperti apa suara yang dihasilkan pesawat intai tanpa awak tersebut. Sekilas, suara drone saat dioperasikan seperti suara pada komputer. Memang tidak terlalu keras, tetapi bagi NASA, suara drone dianggap sangat mengganggu.

Menurut riset yang dilakukan badan antariksa Amerika Serikat (AS) terhadap 38 subjek kendaraan tanpa awak, hasilnya menunjukkan bahwa drone adalah kendaraan tanpa awak yang memiliki suara paling menyebalkan.

Sebagaimana dilaporkan Digital Trends, Minggu (23/7/2017), riset ini dilakukan dengan memutar suara rekaman 38 subjek, mulai dari mobil, drone, vans, hingga truk. NASA kemudian memberikan peringkat suara kendaraan yang dinilai mengganggu hingga yang paling mengganggu.

"Yang kami temukan adalah suara pesawat tanpa awak ini menghasilkan suara mengganggu yang secara sistematis akan semakin besar, dibandingkan suara mobil, saat kami membandingkannya dengan volume yang sama," ujar Research Engineer NASA, Andrew Christian.

Kendati demikian, Christian berharap bahwa riset ini tidak menghambat kehadiran drone untuk bidang apapun, tak hanya untuk pengiriman barang saja. Kami tidak bermaksud demikian," ungkapnya.

Menurutnya, suara drone memang kurang enak didengar dan manusia belum terbiasa mendengar suara kendaraan semacam ini. Namun, dalam 30 tahun mendatang, hal itu bisa berubah.

"Saya rasa setiap orang memiliki pandangan berbeda-beda. Di bandara misalnya, orang mungkin merasa suara pesawat itu sangat bising. Namun tidak bagi mereka yang rumahnya dekat landasan pacu. Mereka sudah terbiasa," tuturnya."

 

(Cas)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.