Sukses

Jurus Jitu Snapchat agar Tak Disontek Kompetitor

Cara yang dilakukan Snapchat untuk mencegah fiturnya disontek adalah menggaet anggota Strong.Code.

Liputan6.com, Jakarta - Snap.Inc, induk perusahaan Snapchat, dilaporkan telah menarik tim utama di balik startup asal Swiss bernama Strong.Codes. Adapun Strong.Codes merupakan startup yang bergerak di pengembangan tool untuk keamanan kode software sehingga tak dapat dilihat pihak lain

Dikutip dari Bloomberg, Senin (24/7/2017), hijrahnya tim utama Strong.Codes tak lepas dari kepergian Laurent Balmelli, co-founder Strong.Codes ke Snap pada awal 2017. Setelah itu, kedatangan Balmelli diikuti oleh anggota lain.

Menurut sejumlah analis, langkah ini diambil Snap untuk mencegah perusahaan lain mencuri atau meniru fitur yang dimiliki Snapchat. Terlebih, Strong.Codes sangat dikenal ahli dalam perlindungan melawan reverse engineering.

Untuk diketahui, reverse engineering merujuk pada proses pencarian teknologi yang bekerja di balik sebuah sistem atau perangkat tertentu. Biasanya proses ini dilakukan untuk mengembangkan sistem baru tanpa perlu mengenali versi aslinya.

Kendati demikian, Snap masih enggan berkomentar terkait kepindahan tim Strong.Codes ke dalam perusahaan. Namun terlepas dari hal itu, tak dimungkiri sejumlah fitur utama Snapchat kerap ditiru oleh kompetitor, terutama Instagram.

Media sosial berbagi foto dan video milik Facebook itu memang diketahui telah meniru sejumlah fitur utama dari Snapchat. Salah satunya adalah fitur Stories, yang kini begitu banyak dipakai oleh pengguna Instagram.

Meski fiturnya kerap disontek, Snapchat ternyata masih memiliki basis pengguna setia. Berdasarkan laporan baru perusahaan riset App Annie, sebanyak 35 persen pengguna harian Snapchat di Amerika Serikat (AS) tidak mengakses media sosial lain.

(Dam/Ysl)

Tonton Video Menarik Berikut Ini : 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.