Sukses

Headphone Tak Menyala Saat Terhubung Smartphone? Coba 5 Cara Ini

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu kegiatan yang kerap dilakukan saat memakai smartphone adalah menonton video atau mendengarkan musik. Kegiatan ini tak dimungkiri merupakan aktivitas yang ampuh untuk sekadar menghabiskan waktu. 

Karena itu, untuk mendapatkan pengalaman multimedia maksimal, banyak pengguna memilih untuk memakai headphone saat melakukan dua aktivitas tersebut. 

Namun, terkadang muncul masalah ketika hendak menggunakan headphone. Salah satu yang sering dikeluhkan adalah suara yang tak keluar saat menggunakan headphone

Untuk itu, mengutip dari Android Autorithy, Rabu (26/7/2017), Tekno Liputan6.com memberikan cara mudah mengatasi masalah headphone yang tak menyala. Seperti apa? Simak artikel berikut. 

1. Pastikan headphone-mu tak rusak

Langkah pertama yang perlu diperhatikan adalah pastikan sumber kerusakan. Salah satu yang dapat dilakukan adalah memastikan apakah headphone atau jack perangkatmu yang bermasalah.

Untuk melakukannya, cukup colokkan headphone-mu pada perangkat lain yang memiliki jack 3,5mm. Setelah terdengar suara, dapat dipastikan masalah berasal dari perangkatmu dan kamu dapat beralih ke langkah lain.

Sebagai catatan, tak ada salahnya untuk mencoba headphone lain dalam pengujian ini. Meski sangat jarang, ada kemungkinan headphone yang kamu gunakan ternyata tak kompatibel dengan smartphone-mu.

2. Cek apakah smartphone terhubung melalui Bluetooth dengan perangkat lain

Apabila headphone dipastikan tak bermasalah, cara lain yang dapat kamu lakukan adalah memeriksa apa perangkat terhubung ke perangkat lain, seperti headphone atau speaker melalui Bluetooth.

Kondisi itu terkadang membuat fungsi jack headphone menjadi mati. Namun, biasanya smartphone secara otomatis mematikan fungsi Bluetooth saat terhubung headphone. Jika tak bisa, kamu perlu melakukannya secara manual.

Tonton Video Menarik Berikut Ini :

1 dari 2 halaman

Bersihkan jack headphone

3. Bersihkan jack headphone

Salah satu masalah yang mungkin terjadi adalah lubang headphone yang kotor. Akibatnya, koneksi antara headphone dan jack tak dapat terjadi.

Untuk mengatasi masalah ini, hal yang kamu perlu lakukan adalah memastikan seberapa kotor lubang headphone tersebut. Setelah itu, kamu dapat melakukan proses pembersihan dengan beberapa langkah ini.

4. Cek pengaturan audio dan restart perangkat

Selain pada perangkat, ada kemungkinan masalah terjadi pada software smartphone-mu. Hal yang paling mungkin terjadi terletak pada pengaturan audio dari perangkat.

Cara untuk memperbaiki hal ini cukup mudah dengan membuka pengaturan audio di smartphone. Setelah melakukan pengaturan, cara lain yang cukup ampuh adalah me-restart ulang perangkatmu.

5. Bawa ke pusat servis

Jika sejumlah cara di atas tak kunjung membuahkan hasil, satu-satunya cara yang dapat dilakukan adalah membawanya ke pusat servis.

Terlebih jika perangkatmu masih dalam periode garansi, bukan tak mungkin kamu mendapat biaya servis secara cuma-cuma. 

(Dam/Isk)

Artikel Selanjutnya
Motorola Patenkan Teknologi Layar yang Bisa Perbaiki Sendiri
Artikel Selanjutnya
Yuk, Coba Sendiri Trik Hilangkan Goresan di Layar Ponsel