Sukses

Mana Lebih Populer, LOL atau Haha?

Liputan6.com, California - Pengguna internet Tanah Air seringkali menggunakan jargon khusus ketika berkomunikasi dengan temannya di jejaring sosial atau pesan instan.

Bahkan, variasi bahasa slang tersebut kerap muncul dalam sebuah singkatan unik untuk memudahkan penggunanya ketika sedang mengetik.

Sebut saja beberapa di antaranya ada 'smh' (shaking my head), 'rofl' (rolling on the floor), bahkan 'lol' (laughing out loud) yang sempat menjadi jargon terpopuler di ranah maya. Indonesia pun dikenal sebagai negara di mana warganetnya sering menggunakan 'Haha' atau kadang 'Wkwk' untuk mengekspresikan tawa.

Lucunya, 'lol' tak lagi menjadi jargon populer yang sering digunakan warganet. Baru-baru ini, divisi riset Facebook mengumumkan bahwa jargon yang seringkali digunakan untuk mengungkap ekspresi helak tawa tersebut sudah tak laku lagi di internet.

Berdasarkan grafik persentase jargon yang sering digunakan, 'lol' hanya terpatok di angka 1,9 persen. Sementara kata 'haha' menjadi terpopuler di kalangan netizen dengan angka 51,4 persen.

Di posisi lain, kata 'hehe' berada di angka 13,1 persen, sedangkan penggunaan emoji tertawa mencaplok angka 33.7 persen.

Grafik Persentase Bahasa Slang Internet

Sejak munculnya emoji, tim riset menjelaskan bahwa para warganet lebih memilih cara praktis dengan mengungkapkan perasaannya lewat emoji ketimbang menulis kata 'lol' yang sudah lagi tidak memberikan kesan mendalam.

Bahkan, mereka mengungkap bahwa 1,9 persen penggunaan 'lol' nyatanya hanya digunakan oleh warganet yang berasal dari kalangan orangtua.

Selanjutnya

"Orangtua lebih suka memakai ekspresi dengan kata, seperti 'lol'. Sementara anak muda sering menggunakan emoji untuk mengungkapkan perasaannya karena lebih atraktif dan menghibur," tulis tim riset, sebagaimana dikutip laman Mirror, Selasa (25/7/2017).

Grafik Persentase Bahasa Slang Internet

Lebih lanjut dijelaskan, penggunaan 'hehe' dan 'haha' nyatanya terbagi rata. Namun, sampai saat ini kata 'haha' masih mendominasi jargon terpopuler di Internet kala pengguna ingin mengungkap rasa tawa yang begitu menggelitik.

Padahal, banyak orang menggunakan kata 'hahaha' untuk lebih menekankan rasa tawa mereka daripada 'haha' yang hanya terkesan tertawa biasa saja.

(Jek/Isk)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

 

Artikel Selanjutnya
Kalau Punya 7 Gadget Ini Dijamin Kamu Jadi Anak Gaul
Artikel Selanjutnya
Patut Dicoba, Bath Bomb Berbentuk Karakter Boneka Horor