Sukses

8 Fitur Tersembunyi di Samsung Galaxy S8, Apa Saja?

Liputan6.com, Jakarta - Samsung telah merilis smartphone flagship terbarunya, Galaxy S8 dan Galaxy S8 Plus. Selain hadir dengan desain Infinity Display yang inovatif, ternyata ada beberapa fitur baru yang sebelumnya tidak ada pada pendahulunya.

Tekno Liputan6.com pun berkesempatan menjajal smartphone dari perusahaan Korea Selatan itu dan mencoba delapan fitur tersembunyi di dalamnya. Fitur apa saja? Berikut adalah rangkumannya.

1. Hemat Baterai dengan Nonaktifkan Always On Display

Salah satu keunggulan beberapa smartphone Samsung adalah hadirnya tampilan Always On Display. Ketika layar terkunci, pengguna tetap bisa melihat layar Galaxy S8 dan Galaxy S8 Plus yang menampilkan tanggal dan waktu, serta ikon saat ada notifikasi masuk.

Rupanya Always On Display membuat konsumsi baterai jadi lebih boros. Namun, hal itu bisa diatasi. Jika kamu ingin lebih hemat baterai tinggal menonaktifkan fitur Always On Display.

Caranya mudah, kamu hanya perlu masuk menu Settings dan memilih opsi Always On Display. Selanjutnya tinggal menonaktifkannya.

2. Modulasi Kamera Pro

Galaxy S8 dan Galaxy S8 Plus banyak mendapat pujian karena kamera 12MP-nya yang mampu menghasilkan gambar mumpuni. Untuk membuat hasil foto lebih personal sesuai yang diinginkan, kamu bisa memakai modus Pro pada kamera Galaxy S8.

Caranya cukup buka aplikasi kamera, lalu geser layar ke kanan. Muncul beberapa modus dan pilih menu Pro. Modus kamera Pro memungkinkan pengguna mengatur kamera sesuai keinginan. Mulai dari level exposure, white balance, ISO, area fokus, dan lain-lain.

 

Tonton Video Terkait Galaxy S8:

1 dari 4 halaman

Floating Shutter

3. Floating Shutter

Tombol Floating Shutter pada kamera Galaxy S8 dan S8 Plus memungkinkan pengguna untuk menekan tombol jepret pada bagian layar manapun.

Untuk mengaktifkannya, pengguna bisa membuka menu kamera, buka Settings yang terletak di sudut kanan atas layar. Lalu, geser layar ke bawah untuk menemukan pilihan Floating Camera Button dan aktifkan.

4. Buka Aplikasi dengan Geser Layar

Galaxy S8 dan Galaxy S8 Plus sudah menjalankan OS Android Nougat 7.0 dengan user interface Samsung yang nyaman dan mudah dipakai.

Tak perlu menekan tombol menu untuk membuka seluruh aplikasi, pengguna hanya tinggal menggeser layar ke atas, kanan, atau kiri kemudian ikon aplikasi pun akan muncul. Sangat mudah.

2 dari 4 halaman

Personalisasi Iris Scanner

5. Personalisasi Tampilan Iris Scanner dengan Screen Mask

Salah satu hal baru yang ada pada Galaxy S8 dan S8 Plus adalah fitur keamanan Iris Scanner yang dipakai untuk membuka kunci smartphone. Jika kamu bosan dengan tampilannya begitu-begitu saja, Samsung sudah menyediakan cukup banyak pilihan dalam menu Screen Mask.

Mulai dari animasi kelinci, kucing, burung hantu, robot, dan lain-lain. Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu masuk ke menu Setting, pilih Lock Screen and Security, kemudian pilih Iris Scanner, dan masuk ke pilihan Preview Screen Mask.

Begitu dibuka, kamu bisa menemukan beragam pilihan untuk mempercantik tampilan iris scanner.

6. Split Screen

Ingin membuka dua aplikasi sekaligus dalam satu layar smartphone? Hal itu bisa dilakukan pada Galaxy S8 dan S8 Plus. Smartphone ini dibekali dengan kemampuan split screen.

Caranya cukup mudah, kamu bisa membuka sebuah aplikasi, misalnya Facebook. Untuk membuatnya jadi kecil, buka aplikasi, tekan dan tahan layar pada bagian kiri atas, kemudian tarik ke bawah.

Tampilan aplikasi pun jadi lebih kecil. Lakukan pada aplikasi yang lain untuk membuatnya kedua aplikasi terbuka di satu layar.

 

3 dari 4 halaman

Fingerprint untuk Notifikasi

7. Fingerprint Bisa Buka Notifikasi

Salah satu kekurangan Galaxy S8 dan Galaxy S8 Plus adalah penempatan sensor sidik jari yang tidak proporsional. Letaknya ada di bagian samping kanan kamera belakang.

Meski begitu, sidik jari Galaxy S8 tak hanya bisa dipakai untuk membuka kunci keamanan tetapi juga untuk membuka notifikasi.

Caranya mudah, pastikan layar tidak terkunci. Kemudian, sentuh tombol fingerprint dan geser ke bawah untuk membuka notifikasi.

 

8. Atur Penempatan Fungsi Back, Home, dan Recent

Samsung Galaxy S8 dan Galaxy S8 Plus hadir mengusung inovasi tanpa tombol Home. Meski begitu, fungsi Home dihadirkan dalam layar kapasitif yang letaknya di layar bagian bawah bersama dengan fungsi Back dan Recent.

Pengguna bisa memilih untuk menampilkan ketiga fungsi tersebut atau menyembunyikannya. Caranya dengan menyentuh titik kecil pada bagian pojok kiri layar baik untuk menyembunyikan atau menampilkan. 

Fungsi tersembunyi lainnya pada pengaturan Display adalah kemampuan untuk mengatur letak fungsi Back dan Recent. Sekadar diketahui, pengguna smartphone memiliki kebiasaan yang beragam, ada yang terbiasa menggunakan smartphone dengan tombol Back di sisi kanan dan ada yang terbiasa menggunakan tombol Back di sisi kiri.

Caranya dengan masuk ke menu Settings kemudian pilih Display dan pilih Navigation Bar. Selanjutnya pengguna bisa memilih opsi Button Layout untuk menentukan letak fungsi Recent-Home-Back atau Back-Home-Recent. 

Fitur lain yang juga tersembunyi adalah pilihan warna ketiga fungsi di atas. Pengguna bisa menentukan ingin menggunakan warna apa dengan masuk ke Settings> Display> Navigation Bar lalu memilih Background Colour sesuai keinginan. 

(Tin/Ysl)

Artikel Selanjutnya
Teaser Galaxy C8 Ungkap Kehadiran Dual Kamera Belakang
Artikel Selanjutnya
Samsung Siapkan Tablet untuk Anak-anak