Sukses

Square Enix Tunda Final Fantasy VII Remake, Apa Alasannya?

Liputan6.com, Tokyo - Gamer penggemar RPG setidaknya lega setelah mendengar kabar Kingdom Hearts 3 mendapat jadwal rilis tetap. Nah, bagaimana kabar Final Fantasy VII Remake? Dua gim tersebut diketahui memang disiapkan Square Enix untuk PS4, terlebih dua-duanya digarap oleh sutradara Tetsuya Nomura.

Sayang, hingga berita ini naik, pengembang gim asal Jepang tersebut tak mengungkap informasi perilisan daur ulang gim RPG legendaris ini. Alih-alih, Square Enix menyatakan jika penggarapan Final Fantasy VII Remake kembali molor alias ditunda.

Dalam sebuah wawancara yang berlangsung belum lama ini, Nomura melontarkan jawaban yang kurang enak soal nasib Final Fantasy VII Remake. Ia berkata, proses pengembangan gim tersebut tidak bisa dipercepat karena satu alasan.

Dikutip laman Attack of the Fanboy, Rabu (26/7/2017), alasannya tak lain karena penggarapan Final Fantasy VII Remake disebabkan sudah dipindahkan secara penuh ke produksi internal.

Nomura pun mengungkap Square Enix tak akan menampilkan cuplikan terbaru gameplay Final Fantasy VII Remake dalam waktu dekat.

Apa yang dikatakan Nomura sebetulnya berhubungan dengan update Final Fantasy VII Remake pada Mei 2017. Waktu itu, Square Enix memutuskan untuk memecah penggarapan Final Fantasy VII Remake ke dua perusahaan yang berbeda, di mana salah satunya CyberConnect2.

Saat dipecah, Square Enix akan berfokus pada penggodokan cerita, sedangkan CyberConnect2 akan menggarap mekanisme gameplay. Namun, karena Nomura mengatakan penggarapan akan dilakukan secara internal, sepertinya Final Fantasy VII Remake akan dikerjakan oleh Square Enix sendiri.

Diketahui, dalam menggarap Final Fantasy VII Remake, Square Enix pun menambah divisi baru, yaitu Business Divisions yang dikhususkan untuk pengembangan gim. Nanti, setiap divisi-divisi tersebut akan dipimpin oleh karyawan senior Square Enix seperti Naoki Hamaguchi dari Mobius Final Fantasy.

Final Fantasy VII Remake sendiri merupakan seri daur ulang dari Final Fantasy VII yang dirilis untuk PlayStation 1 pada 1997 silam.

Ketika dirilis ulang nanti, Square Enix menyebutkan Final Fantasy VII Remake akan memiliki perubahan besar, di antaranya yaitu tak lagi mengemas sistem pertarungan Active Time Battle.

Selain itu, mereka juga akan menghadirkan gim yang menceritakan petualangan Cloud Strife dan kawan-kawannya secara episodik.

(Jek/Ysl)

Artikel Selanjutnya
Cerita Marvel vs Capcom: Infinite Terungkap di Trailer Ini
Artikel Selanjutnya
Bikin Baper, Ini 5 Adegan Gim Paling Menyedihkan